Sukses

Tak Cuma Atlet, Indonesia Juga Kirim Wasit ke Paralimpiade Paris 2024

Wasit taekwondo Indonesia Martina Navratilova akan memimpin pertandingan di Paralimpiade 2024.

Liputan6.com, Jakarta- Setelah Olimpiade 2024, Paris akan menggelar Paralimpiade 2024. Ajang olahraga untuk atlet penyandang disabilitas itu rencananya akan berlangsung pada 28 Agustus sampai 8 September 2024. Indonesia juga akan berpartisipasi.

Pada ajang empat tahunan tersebut, Indonesia mengirimkan 35 atlet paralimpiade dari 10 cabang olahraga yang dilombakan. Kesepuluh cabor yang diikuti adalah para bulu tangkis, para atletik, para panahan, boccia, judo tunanetra, para renang, para tenis meja, para balap sepeda, para angkat berat, dan para menembak.

Tak cuma atlet, Indonesia juga menggirim wasit ke Paralimpiade 2024. Wasit Taekwondo Indonesia, Martina Navratilova dipercaya menjadi salah satu pengadil di Paralimpiade 2024.

Martina sudah dilepas oleh Sekjen Pengurus Besar Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) Brigjend TNI Robertus Donatus Ndona pada Sabtu 24 Agustus 2024.

Dalam pesanmya, Ketua Umum PBTI Letjen TNI Richard Tampubolon berharap agar Martina Navratilova mampu menjaga serta mengharumkan nama Indonesia di kancah taekwondo dunia.

"Saya berharap jejak Martina Navratilova memimpin laga di pentas dunia, menjadi motivasi bagi para taekwondoin Indonesia agar bisa menembus level dunia," pesan Letjen TNI Richard Tampubolon.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kiprah Martina Sebagai Wasit Taekwondo

Martina Navratilova merupakan salah satu wasit Federasi Taekwondo International (WT) asal Indonesia yang memimpin pertandingan di ajang multievent tingkat dunia itu. Ia menjadi kebanggaan bagi PBTI, dan diharapkan menjadi motivasi bagi para taekwondoin nasional agar mengikuti jejaknya mampu menembus level dunia.

Kiprah Martina Navratilova hingga kejenjang wasit level international ditempuh melalui proses cukup panjag. Sebelumnya, mereka diwajibkan mengikuti Training Camp di Meksiko pada Mei 2023, dilanjutkan memimpin pertandingan di 10th World Para Taekwondo Championships di Veracruz Oktober 2023, European Qualification Tournament for Paris 2024 di Bulgaria pada Maret 2024, Pan American Qualification Tournament for Paris 2024 di Republik Dominika April 2024 kemudian Top 30 International Referees Para Taekwondo Training Camp di Santorini April 2024 sebelum memimpin di Paralimpiade Paris 2024.

3 dari 3 halaman

Wasit Terbaik Indonesia

Sementara itu, Grand Master Lioe Nam Khiong, DAN 9 Vice Chariman Marketing and Finance World Taekwondo merasa senang dan bangga dapat menyumbang prestasi untuk taekwondo Indonesia melalui wasit di ajang Paralimpiade 2024 ini.

"Ia merupakan salah satu wasit terbaik di Indonesia saat ini," kata Lioe Nam Khiong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini