Sukses

Komentar Nova Arianto usai Timnas Indonesia U-17 Ditaklukkan India di Uji Coba

Pelatih Timnas Indonesia U-17 Nova Arianto buka suara usai anak-anak asuhnya dipaksa mengakui keunggulan India dalam laga uji coba di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (27/8/2024) malam WIB.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia U-17 Nova Arianto buka suara usai anak-anak asuhnya dipaksa mengakui keunggulan India dalam laga uji coba yang digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali pada Selasa (27/8/2024) malam WIB.

Juru taktik berusia 44 tahun nampak sedikit menyayangkan hasil minor yang diraih Garuda Muda. Walau begitu, Nova menyebut kekalahan ini bisa dijadikan bahan evaluasi pihaknya untuk memperbaiki kekurangan skuad.

Sekadar informasi, Timnas Indonesia U-17 sejatinya mampu memetik kemenangan meyakinkan 3-1 saat menjajal kekuatan India U-17 untuk pertama kalinya pada Minggu (25/8/2024) silam.

Evandra Florasta, Fandi Ahmad, dan Mochammad Mierza Firjatullah jadi bintang kemenangan Merah Putih kala itu dengan menyumbangkan masing-masing 1 gol buat tim Garuda Muda.

Sayangnya, perombakan starter cukup besar yang dilakukan Nova cukup memengaruhi kinerja skuad di laga uji ocba kedua. Ada beberapa nama andalan yang dipertahankan, tetapi hal itu tak cukup membuat Timnas Indonesia U-17 tampil garang, sehingga harus bermain imbang tanpa gol di akhir babak pertama.

Nestapa kemudian menimpa pasukan Merah Putih saat memasuki menit 79. Garuda Muda kecolongan gololeh India usai Sumit Sharma Brahmacharimayum memanfaatkan situasi sepak pojok untuk membawa India memimpin.

Timnas Indonesia U-17 tak bisa lagi mengejar ketertinggalan di sisa waktu yang ada. Alhasil laga berakhir dengan 0-1 untuk keunggulan India U-17.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komentar Nova Arianto

"Memang secara hasil kami kalah, meski seharusnya kami bisa meraih kemenangan," ucap pelatih Timnas Indonesia U-17 Nova Arianto selepas hasil minor yang diraih anak-anak asuhnya pada Selasa (27/8/2024) malam WIB, sebagaimana dinukil dari situs resmi PSSI.

"Tapi, kami bersyukur karena ada pertandingan melawan India. Kami akhirnya semakin tahu kekuatan kami seperti apa hingga saat ini."

"Ini ujian untuk saya. Sebenarnya saya bisa saja memainkan starting eleven seperti pertandingan sebelumnya. Ini jadi catatan untuk kami. Selain itu, India juga tampil bagus dengan compact defense," tambah juru taktik yang juga menjabat sebagai asisten pelatih timnas senior Indonesia.

3 dari 3 halaman

Agenda Timnas Indonesia U-17 Selanjutnya

Adapun selepas melakoni pemusatan latihan (TC) dan rangkaian uji coba di Bali, Timnas Indonesia U-17 akan melanjutkan persiapan di Jakarta.

Mereka juga diagendakan bertolak ke Spanyol dan Qatar guna memanaskan mesin, sebelum tiba di Kuwait untuk melakoni ajang Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

Garuda Muda sendiri diketahui tergabung dalam grup G AFC U-17 Asian Cup Qualifiers bersama Australia, tuan rumah Kuwait, dan Kepualauan Mariana Utara.

Nova Arianto pun mengeklaim pihaknya bakal mulai menyusun strategi berdasarkan hasil uji coba Timnas Indonesia U-17 agar nantinya bisa membongkar pertahanan tim-tim kuat di laga kualifikasi.

"Situasi ini (hasil laga uji coba) akan kami evaluasi untuk bagaimana caranya bisa membongkar pertahanan tim-tim seperti Kuwait dan Australia (saat Kualifikasi Piala Asia U-17 2025)," tandas Nova. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.