Sukses

IBL Gelar All Indonesian Cup di Jakarta, Tak Ada Pemain Asing

IBL Indonesia Cup 2024 hanya akan diikuti pemain lokal dan pemain naturalisasi. Pemain asing tidak akan ikutan main.

Liputan6.com, Jakarta- Setelah berakhirnya musim 2024 dan menyambut musim baru 2025, IBL menggelar turnamen pramusim bernama All Indonesia Cup. Ajang ini akan berlangsung di Jakarta dan hanya diikuti pemain lokal saja. Tim juara akan berhak membawa pulang Piala Menpora.

IBL All Indonesian Cup 2024 akan berlangsung pada 22 September sampai 6 Oktober. Hall A Basket Senayan Jakarta dipilih sebagai lokasi pertandingan. Ke-14 tim peserta IBL semuanya akan ambil bagian.

Format IBL All Indonesia Cup 2024 menggunakan sistem grup di putaran pertama. Ke-14 tim dibagi dalam empat grup dengan dua grup diantaranya cuma dihuni oleh tiga klub saja. Setiap juara grup akan berhak lolos ke babak semifinal.

"Ini menjadi ajang pramusim sebelum IBL 2025. Kami berharap pada IBL 2025 pemain-pemain sudah siap dengan mengikuti IBL All Indonesia Cup 2024," ujar Adrian Ariez, Head Of Marketing & Business Development yang mewakili Dirut IBL, Junas Miradiarsyah.

IBL All Indonesian Cup 2024 ini juga memperbolehkan pemain naturalisasi untuk ikut bermain. Dengan demikian Jamarr Andre Johnson, Anthony Beane hingga Brandon Jawato dapat meramaikan IBL All Indonesian Cup. Namun setiap tim hanya boleh menurunkan satu pemain naturalisasi saja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pembagian Grup All Indonesian Cup 2024

IBL sudah melakukan pengundian grup All Indonesian Cup 2024 pada Kamis (29/8/2024). Di Grup A, Satria Muda Pertamina Jakarta akan bertemu Kesatria Bengawan Solo. SM mendepak KBS di play-off IBL 2024. Dua tim lain di Grup A adalah Pacific Caesar Surabaya dan Satya Wacana Salatiga.

Sedangkan juara IBL 2024, Pelita Jaya masuk Grup C. Tim asuhan Johannis Winar itu akan bertarung dengan dua tim saja yakni Tangerang Hawks dan Bali United.

Sementara Grup C dihuni Dewa United, Amartha Hangtuah dan Borneo Hornbills. Adapun Grup A berisi Prawira Bandung, Rajawali Medan, Bima Perkasa Jogja dan Rans Simba Bogor.

3 dari 3 halaman

Bakal Hadirkan Keseruan

"Persaingan bakal seru karena pemain lokal semua. Yang siap yang akan menjadi juara. Kami Prawira sudah siap menghadapi All Indonesian Cup 2024," tutur pemain andalan Prawira Yudha Saputera.

Turnamen pramusim jelang IBL memang sudah beberapa kali digelar dengan nama yang berbeda-beda. Contohnya Indonesia Cup pada tahun 2022. Namun sudah cukup lama tak digelar di kota Jakarta.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.