Sukses

Pesan Ellyas Pical untuk Petinju Masa Depan Indonesia

Pical saat ini mengisi masa tuanya dengan turut melatih talenta tinju di Indonesia. Dia ingin ada juara dunia lagi dari Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Ellyas Pical masih memperhatikan dunia tinju Indonesia di usianya yang sudah 64 tahun. Pical hingga kini rutin melatih petinju-petinju muda Indonesia agar bisa mengikuti jejaknya menjadi juara dunia tinju.

Nama Pical terukir abadi sebagai petinju profesional Indonesia pertama yang bisa menjadi juara dunia. Pical mengalahkan Hi-yung Chung dari Korea Selatan dengan kemenangan angka 12 ronde pada 19 Mei 1984. Hebatnya lagi pertarungan berlangsung di Korsel.

Sepanjang karier tinju profesionalnya, pria asal Maluku itu mampu mencatakan 20 kemenangan dengan 11 diantaranya KO. Pical cuma kalah lima kali dan sekali imbang dari 26 pertarungannya di tinju profesional.

Kehebatan Pical membuatnya masih jadi idola para petinju muda di zaman sekarang. Pical juga tak segan berbagi ilmu. Saat berbincang dengan Liputan6.com pada Kamis (29/8/2024), Pical mengaku saat ini masih memberikan latihan agar ada juara dunia baru tinju dari Indonesia.

Pical juga rutin memberikan nasihat dan membocorkan rahasia suksesnya menjadi juara dunia tinju pertama Indonesia kepada para petinju muda.

"Saya kasih latihan anak-anak untuk mencari juara dunia baru. Kasih nasihat kepada mereka. Harus seperti saya, percaya diri dan latihan betul-betul supaya bisa jadi juara dunia. Percaya diri, mental harus kuat dan jaga makan yang baik serta teratur. Mental harus kuat yakin jadi juara dunia," ujar Pical.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Petinju Harus Punya Mental Kuat

Pical bercerita ketika masih aktif bertinju, dirinya selalu percaya diri setiap naik ring. Dengan mental kuat itulah Pical bisa sukses mengharumkan nama Indonesia di arena tinju dunia.

"Saya gak ada rasa down. Mau menang-kalah resiko petinju. Kita harus percaya menang. Mental harus kuat. Kalau mental tidak kuat mana bisa jadi juara dunia," papar Pical.

3 dari 3 halaman

Pical akan Ikut ke PON 2024

Selain masih sering melatih petinju muda, saat ini Pical aktif bekerja di Komite Olahraga Nasional Indonesia atau KONI Pusat. Rencananya Pical juga akan berangkat menyaksikan babak akhir PON 2024 di Aceh dan Sumatera Utara.

"Saya nanti berangkat juga ke PON 2024 saat babak akhir. Disana saya akan berbagi pengalaman kepada petinju muda di PON," imbuh pria yang dijuluki The Exocet itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.