Sukses

5 Pemain Uruguay Termahal Sepanjang Sejarah: Termasuk Rekrutan Anyar Manchester United

Manuel Ugarte, yang baru saja dibeli Manchester United dari Paris Saint-Germain pada musim panas 2024, merupakan salah satu pemain Uruguay dengan banderol tak main-main di bursa transfer. Selain dia, masih ada 4 pemain Uruguay lain yang dibeli dengan harga fantastis oleh klub papan atas. Siapa saja mereka?

Liputan6.com, Jakarta Uruguay dikenal sebagai salah satu negara sepak bola dengan sejarah panjang dan deretan pemain cemerlang yang bersinar di dunia.

Tak ayal hingga kini, negara tersebut masih rutin menghasilkan penggawa-penggawa berbakat, dengan harga jual tak main-main di bursa transfer.

Manuel Ugarte jadi salah satunya. Pemuda berusia 23 tahun itu baru saja dibeli cukup mahal dari Paris Saint-Germain (PSG) oleh Manchester United lewat jendela transfer musim panas 2024.

Klub besutan Erik ten Hag memang diketahui sudah cukup lama mengincar tanda tangan eks pemain Sporting CP. Hanya saja, mereka sempat kesulitan menyegel kepindahan Ugarte akibat banderol tinggi yang dipasang Les Parisiens, meski pihak klub diklaim telah menyetujui persyaratan pribadi dengan pemain.

Saking sulitnya menyelesaikan negosiasi, Manchester United sampai pernah menjajaki kans meminjam Manuel Ugarte musim ini disertai kewajiban untuk membeli pada akhir kesepakatan. Beruntung Les Parisies pada akhirnya sedikit melunak di akhir bursa transfer.

PSG yang semula menginginkan mahar 60 juta poundsterling akhirnya menerima tawaran MU sebesar 50 juta euro di muka. Walau begitu, tetap ada potensi bonus sebesar 10 juta euro yang harus dibayarkan Setan Merah di kemudian hari.

Termasuk Manuel Ugarte, berikut 5 pesepak bola asal Uruguay dengan harga beli termahal sepanjang sejarah, sebagaimana dinukil dari Football Tranfsers.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Darwin Nunez

Darwin Nunez menyandang status sbeagai pemain Uruguay termahal saat ini. Rekornya tericipta ketika pemuda berusia 25 tahun dibeli Liverpool dari Benfica pada 2022 dengan mahar senilai 85 juta euro.

Adapun Nunez sebelumnya memang tampil begitu gemilang di klub lamanya, hingga menarik perhatian sang raksasa Premier League. Dia sempat mencetak 34 gol dan 4 assists dari total 41 pertandingan lintas ajang di musim terakhirnya bersama Benfica, sebelum hijrah ke Anfield lewat bursa transfer musim panas.

Bersama The Reds, Darwin Nunez mencetak 15 gol dan 4 assists saat debut di kampanye 2022/2023. Kontribusinya naik lumayan signifikan menjadi 18 gol dan 13 assists musim lalu. Sementara di awal musim ini, Nunez baru tampil satu kali dan belum menyumbang angka buat Liverpool.

3 dari 6 halaman

2. Luis Suarez

Pemain legendaris Luis Suarez sempat cukup lama memegang takhta sebagai penggawa Uruguay termahal, sebelum dia digusur ke posisi dua oleh Darwin Nunez.

Pembelian fantastis Suarez pernah dilakukan Barcelona pada 2014 ketika mengangkutnya dari Lverpool seharga 81,7 juta euro. Melansir laporan Football Transfers, karier Suarez di Camp Nou sejatinya sempat tertunda akibat larangan bermain sebagai buntut dari sikapnya terhadap Giorgio Chiellini di Piala Dunia 2014

Akan tetapi begitu turun ke lapangan, dia langsung bersinar bersama Barcelona denganmemenangkan 13 trofi serta mencetak 195 gol sepanjang karier enam tahunnya di klub raksasa Catalan.

4 dari 6 halaman

3. Edinson Cavani

Edinson Cavani menempati urutan tiga dalam daftar pemain Uruguay termahal dalam sejarah bursa transfer. Hal itu menyusul pembelian dia dari Napoli oleh PSG dengan banderol 64,5 juta euro pada 2013 silam.

Adapun sang legenda Uruguay sebelumnya merupakan pahlawan pujaan di klub Serie A. Setelahnya, ia menjelma jadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa di PSG dengan torehan 200 gol, sebelum rekornya dipecahkan oleh Kylian Mbappe pada Maret 2023.

Cavani meninggalkan PSG untuk bergabung dengan Manchester United pada 2020. Kariernya bertahan dua tahun di Old Trafford, sebelum dia pindah ke Valencia pada 2022, lalu kembali hijrah ke Boca Juniors setahun berselang.

5 dari 6 halaman

4. Manuel Ugarte

Manuel Ugarte dibeli Manchester United dari Paris Saint-Germain seharga 50 juta euro di muka, ditambah add-ons 10 juta euro pada musim panas 2024. Namun sebelum itu, pemuda Uruguay sudah pernah dibeli dengan harga lebih mahal, yakni 60 juta euro oleh Les Parisiens dari Sporting CP pada 2023.

Football Transfers mencatat Ugarte sempat membukukan total 37 penampilan untuk PSG saat kampanye debutnya. Hanya saja, sang penggawa sudah tak masuk dalam perencanaan Luis Enrique musim ini, sehingga situasi itu dimanfaatkan oleh MU.

Klub besutan Erik ten Hag menghabiskan hampir seluruh musim panas untuk menyegel tanda tangannya. Kehadiran Manuel Ugarte pun dapat dipandang sebagai bentuk penyegaran terhadap pos gelandang bertahan MU, mengingat pemain mereka Casemiro sudah mulai menua.

6 dari 6 halaman

5. Lucas Torreira

Lucas Torreira pernah jadi salah satu gelandang paling menonjol Serie A ketika memperkuat Sampdoria. Performanya itu membuat Arsenal tertarik merekrut dia pada 2018 dan rela menggelontorkan dana 28,7 juta euro.

Pesepak bola asal Uruguay lantas menghabiskan waktu enam tahun bersama The Gunners serta mencatatkan total 89 kali penampilan. Hanya saja di dua musim terakhirnya dengan Arsenal, dia cuma bergantian menjalani status pinjaman d Atletico Madrid dan Fiorentina.

Adapun Torrira lantas pindah ke Galatasaray dengan harga 6 juta euro pada 2022 dan masih bertahan di klub yang sama hingga sekarang.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.