Sukses

Jarang Terpakai di Klub, Shin Tae-yong Bongkar Alasan Tetap Panggil 4 Pemain Ini ke Kualifikasi Piala Dunia 2026

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengungkap alasannya tetap memanggil beberapa penggawa yang minim waktu bermain di klub untuk ikut putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengungkap alasan dirinya tetap memanggil sejumlah penggawa yang minim waktu bermain di klub masing-masing untuk ambil bagian dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Seperti diketahui, skuad Garuda saat ini sedang dalam masa persiapan untuk mengarungi putaran 3 FIFA World Cup 2026 Qualifiers, yang bakal dibuka dengan pertandingan melawan Arab Saudi di King Abdullah Sport City, Jeddah, pada Jumat (6/9/2024) dini hari WIB.

STY telah memanggil total 26 amunisi, terdiri atas 14 pemain abroad, serta 12 penggawa lokal Liga 1. Hanya saja, sejumlah pemain luar negeri Timnas Indonesia sempat mendapat sorotan sebab mereka belum dipakai secara maksimal di klub, tetapi mendapat panggilan bergabung ke skuad Garuda.

Beberapa di antaranya termasuk Marselino Ferdinan, Pratama Arhan, Ragnar Oratmangoen, hingga Thom Haye yang belum menemukan pelabuhan baru usai berpisah dengan Heerenveen musim panas ini.

Menanggapi hal itu, juru taktik Timnas Indonesia pun buka suara. Dia menilai pemanggilan mereka ke Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dilakukan sebab pihakya sejauh ini tak menemukan alternatif yang mampu menggantikan posisi keempat penggawa.

"Memang hal-hal seperti itu yang saya khawatirkan, tetapi karena tidak ada pengganti pemain-pemain itu, jadi mau tidak mau kita tetap panggil pemain tersebut," ujar Shin Tae-yong kepada awak media.

"Jadi situasinya memang mau tidak mau seperti itu," tambahnya jelang memimpin sesi latihan terbuka Timnas Indonesia di Lapangan A Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta pada Sabtu (31/8/2024) sore WIB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Timnas Indonesia Krisis Bek

Di sisi lain, Timnas Indonesia saat ini sedang mengalami krisis pemain bertahan. Hal itu lantaran Jordi Amat tengah memulihkan diri dari cedera, sedangkan Justin Hubner tak bisa bermain akibat akumulasi kartu.

Sebagai gantinya, Shin Tae-yong memanggil Wahyu Prasetyo untuk menambah kekuatan lini belakang. Dia tak melirik Elkan Baggott yang sejatinya juga bisa jadi opsi tembok bagi area pertahanan skuad Garuda.

"Tidak ada alasan (panggil Wahyu ketimbang Elkan Baggot). Karena kita butuh, kita pilih Wahyu. Dan Wahyu adalah pemain pengganti bagi kita," pungkas juru taktik berusia 53 tahun.

3 dari 3 halaman

Jadwal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia

5 September 2024

Arab Saudi vs Timnas Indonesia

10 September 2024

Timnas Indonesia vs Australia

10 Oktober 2024

Bahrain vs Timnas Indonesia

15 Oktober 2024

China vs Timnas Indonesia

14 November 2024

Timnas Indonesia vs Jepang

19 November 2024

Timnas Indonesia vs Arab Saudi

20 Maret 2025

Australia vs Timnas Indonesia

25 Maret 2025

Timnas Indonesia vs Bahrain

5 Juni 2025

Timnas Indonesia vs China

10 Juni 2025

Jepang vs Timnas Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.