Sukses

Tantang Arab Saudi di Kualifikasi Piala Dunia 2026, STY Minta Pemain Timnas Indonesia Lakukan Hal Ini

Shin Tae-yong meminta hal khusus dari para pemain Timnas Indonesia jelang menantang Arab Saudi di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Dia ingin para pemain lebih fokus dan bekerja keras sebab ini merupakan kali pertama skuad Garuda tembus hingga putaran 3 FIFA World Cuo Qualifiers.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia bakal segera memulai perjuangannya di putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan menantang Arab Saudi.

Duel antara skuad Garuda melawan tim dari Timur Tengah nantinya dihelat di King Abdullah Sports City, Jeddah, pada Jumat (6/9/2024) dini jari WIB. 

Jelang menghadapi laga penting tersebut, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong pun meminta satu hal dari anak-anak asuhnya. 

Dia ingin pasukan Merah Putih bekerja lebih keras, sebab ini merupakan kali pertama Indonesia lolos ke putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia.

"Memang persiapan (Timnas Indonesia) harus baik. Apalagi ini pertama kali kita ke ronde 3 (Kualifikasi Piala Dunia), artinya kita harus lebih fokus lagi, lebih bekerja keras lagi," ucap Shin Tae-yong saat ditemui awak media jelang sesi latihan di Lapangan A GBK, Senayan, Jakarta pada Sabtu (31/8/2024) sore WIB.

"Pastinya dari pemain sendiri, mereka akan melakukan yang terbaik," sambung juru taktik asal Korea Selatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Puji Kekuatan Arab Saudi

Sementara itu terkait kekuatan Arab Saudi, Shin Tae-yong tak menampik bahwa skuad binaan Roberto Mancini merupakan tim kuat. 

Hanya saja, menurut dia, bola itu bundar. Segala hal dapat terjadi saat pertandingan, sehingga STY berharap Timnas Indonesia dapat bekerja maksimal hingga laga tuntas. 

"Coach Mancini memang (salah satu) pelatih terbaik. Apalagi di bawah naungannya dia, Timnas Arab Saudi berinvestasi banyak juga. Mereka bagus, tetapi bola itu bundar," ujar Shin Tae-yong. 

"Untuk itu persiapan kita harus lebih fokus lagi, lebih baik. Pastinya tidak akan ada yang tahu hasilnya seperti apa, dan sampai selesai pertandingan—apalagi ini away—kita harus lebih bekerja keras untuk mendapatkan hasil yang baik," tandas dia.

3 dari 3 halaman

Panggil 26 Pemain

Sekadar informasi, Shin Tae-yong sebelumnya memanggil total 26 pemain untuk memperkuat Timnas Indonesia dalam putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026. 

Sebanyak 14 penggawa merupakan pemain abroad, sementara 12 sisanya berkarier di Liga 1. Para pemain lokal sudah berkumpul lebih dulu di Jakarta, sebelum berangkat bersama ke Jeddah hari ini. 

Sementara itu, lenggawa skuad Garuda yang berkarier di luar negeri akan menyusul bertahap ke Arab Saudi pada 1 dan 2 September 2024.

"Pemain abroad langsung kumpul ke Jeddah, ada yang (datang) tanggal 1 ada yang tanggal 2 (September)," papar Shin Tae-yong, Jumat (31/8/2024) sore.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.