Sukses

Manchester United Digilas Liverpool, Erik ten Hag Minta Waktu buat Asah Rekrutan Baru

Pelatih Manchester United Erik ten Hag minta waktu untuk membangun tim serta rekrutan musim panas Setan Merah, usai mereka dilumat Liverpool 0-3 dalam pekan ketiga Liga Inggris 2023/2024 di Stadion Old Trafford, Minggu (1/9/2024) malam WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Manchester United Erik ten Hag optimistis kehadiran pemain baru bisa membawa kebangkitan bagi tim asuhannya usai ditaklukkan Liverpool pada pekan ketiga Liga Inggris 2024/2025.

Hanya saja, tak semudah membalikkan telapak tangan, juru taktik asal Belanda menegaskan pihaknya butuh waktu demi membangun skuad anyar mereka agar bisa memenuhi ekspektasi publik di Old Trafford.

Seperti diketahui, tim racikan juru taktik Belanda baru saja dipermalukan di kandang sendiri ketika menjamu rival abadi mereka, The Reds, pada Minggu (1/9/2024) malam WIB.

Manchester United dipaksa menelan hasil minor 0-3 setelah Luis Diaz mencetak brace di babak pertama, yang lalu disempurnakan oleh aksi Mohamed Salah pada paruh kedua.

Hasil tersebut memaksa Setan Merah terperosok ke urutan 14 klasemen sementara Premier League dengan perolehan hanya 3 poin dari 3 pertandingan. Sebaliknya, Liverpool kini menempel ketat Manchester City yang dominan di puncak tabel dengan koleksi 9 poin dari 9 laga.

Tumbangnya MU di tangan musuh bebuyutan mereka seolah menjadi pertanda rencana Erik ten Hag belum berjalan begitu maksimal. Padahal, Setan Merah di bawah racikannya sudah berinvestasi cukup besar dengan mendatangkan 5 penggawa anyar saat bursa transfer musim panas 2024.

Sebanyak tiga di antaranya, yakni Joshua Zirkzee, Noussair Mazraoui, dan Matthijs de Ligt bahkan sudah diturunkan sebagai starter melawan Liverpool. Leny Yoro masih menepi akibat cedera, sementara Manuel Ugarte belum bisa bermain sebab terlambat didaftarkan sebelum deadline pukul 12 siang waktu Inggris di hari terakhir jendela transfer.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanggapan Erik ten Hag

Erik ten Hag selaku juru taktik MU pun langsung angkat bicara mengomentari kekalahan timnya dari Liverpool, yang sekaligus menandai hasil minor kedua mereka usai ditaklukkan oleh Brighton & Hove Albion pekan lalu.

Pria asal Belanda menyiratkan hasil ini belum benar-benar berarti apa-apa sebab MU baru memasuki pekan ketiga di Liga Inggris. Ten Hag juga mengindikasikan dirinya optimistis pada prospek pemain-pemain muda klub, termasuk rekrutan baru, asalkan fans memberi waktu bagi mereka untuk benar-benar mencapai level performa terbaik di Old Trafford.

"Ini baru pertandingan ketiga musim ini, (sementara) kami masih harus membangun tim baru. Kami punya beberapa pemain muda, dan ada tiga penggawa kami yang baru tampil sebagai starter untuk pertama kalinya musim ini, dengan mereka belum bermain 90 menit," ucap Ten Hag, seperti dilansir SportsMole dari The Sun.

"Terkait Ugarte, kami juga harus membangun dia di tim. Ini butuh waktu. Saya bukan Harry Potter, Anda harus akui itu. Dan jika Anda lihat Manuel Ugarte, dia belum bermain sekali pun musim ini. Jadi dia perlu membangun kebugarannya lebih dulu, sementara kami membangun tim."

"Dan saya yakin, dia (Manuel Ugarte) akan berkontribusi untuk kami dan dia bakal jadi pemain penting (MU). Namun, itu akan butuh waktu berminggu-minggu, atau bahkan beberapa bulan. Hal yang sama berlaku untuk pemain lain, (seperti) Joshua Zirkzee yang baru membuat langkah besar dalam tiga sampai empat pekan terakhir," tambah Ten Hag.

3 dari 4 halaman

Jadwal MU Selanjutnya

Adapun Manchester United dan klub-klub lain saat ini bakal lebih dulu memasuki masa jeda internasional. Kompetisi Liga Inggris baru akan berlanjut pertengahan September, dengan Setan Merah diagendakan menantang Southampton pada Sabtu (14/9/2024).

Manuel Ugarte berpotensi besar debut dalam pertandingan yang digelar di St. Mary's Stadium itu. MU punya modal untuk memetik poin dalam pertandingan melawan The Saints, mengingat mereka tercatat tak sekali pun kalah dari Southampton di 5 pertemuan terakhir sejak 2021.

4 dari 4 halaman

Posisi MU di Premier League 2024/2025

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.