Sukses

PSSI Jamin Kunjungan Paus Fransiskus Tak Pengaruhi Kesiapan SUGBK Gelar Laga Timnas Indonesia vs Australia

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menjamin kunjungan dan gelaran misa akbar yang dipimpin Paus Fransiskus di SUGBK, Kamis (5/9/2024) tak akan mengganggu kesiapan stadion jelang laga Timnas Indonesia di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI Erick Thohir menjamin kunjungan dan gelaran misa akbar yang dipimpin Paus Fransiskus di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (5/9/2024) tak akan mengganggu kesiapan venue jelang laga putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia dibawah racikan Shin Tae-yong diagendakan menjamu Australia di SUGBK pada Selasa (10/9/2024). Semula, PSSI berencana menggelar pertandingan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya. Namun, demi memaksimalkan dukungan suporter, laga dipindahkan ke Jakarta.

Erick Thohir selaku pemimpin tertinggi federasi sepak bola Tanah Air pun memastikan hadirnya tamu negara dan misa akbar tak akan berdampak pada penyelenggaraan duel FIFA World Cup 2026 Qualifiers. Rumput SUGBK diklaim bakal siap 100 persen dan tanpa kendala saat skuad Garuda meladeni Socceroos.

"Kedatangan Paus adalah tokoh dunia yang harus kita hormati. Saya juga barusan baca, Paus ini hadir dengan tentu fasilitas yang menurut saya luar biasa buat tokoh dunia, karena Paus ini juga mengajarkan sebuah kesederhanaan, ujar Erick Thohir saat ditemui di Pegadaian Tower pada Selasa (3/9/2024), seperti dilansir dari Antara.

"Tapi ternyata dari informasi dari panitia bahwa mereka, oh kita ingin juga kedatangan ini (jadi) sebuah (hal) yang baik. Mereka ada misa dan lain-lain, tetapi luar biasa, mereka tidak mau mengganggu jalannya sepak bola Indonesia," tambah Erick.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sudah Ingatkan Pengelola GBK

Lebih lanjut, Ketum PSSI juga menjelaskan pihaknya sudah bicara dengan pengelola GBK untuk mendandani rumput supaya sesuai dengan kebutuhan Timnas Indonesia jelang laga melawan Australia.

Pasalnya, duel Kualifikasi Piala Dunia 2026 merupakan ajang besar, dengan skuad Garuda yang mulai menapaki kenaikan performa serta prestasi tengah berupaya mengejar tiket tampil ke ajang sepak bola bergengsi dunia.

"Karena itu, saya juga sampaikan waktu itu bagaimana Gelora Bung Karno harus mendandani dirinya mengenai rumput, karena ini sebuah event besar. Bagaimana sekarang yang menonton sepak bola tim nasional dalam posisi tinggi-tingginya karena prestasinya (timnas) baik," ucap Erick.

"Saya berterima kasih kepada panitia, kepada Keuskupan, semua yang memang bekerja sama antara kedatangan tokoh dan juga sepak bola ini kita berkolaborasi, sehingga persiapan rumput (untuk) tanggal 10, sampai hari ini masih berjalan dengan baik," tambah dia.

3 dari 3 halaman

Bakal Cek SUGBK

Lebih lanjut, Erick Thohir juga mengeklaim bakal langsung meninjau kondisi Stadion Utama Gelora Bung Karno pasca selesainya misa akbar. Agenda kunjungan tersebut kemungkinan berlangsung pada 7 atau 8 September mendatang.

"Nanti saya dan Pak Sekjen akan cek ke lapangan, mungkin tanggal 7 atau 8 untuk memastikan kualitasnya baik," pungkas Ketum PSSI Erick Thohir, dinukil dari Antara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.