Sukses

Realistis di Grup Neraka, STY Cuma Targetkan Timnas Indonesia Finis Urutan 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong bersikap realistis menanggapi persaingan anak-anak asuhnya di grup neraka dalam putaran 3 Kualifikasi Piala Dunoa 2026. Alih-alih memasang target muluk-muluk, juru taktik asal Korea Selatan merasa paling memungkinkan skuad Garuda finis di urutan 3 atau 4 klasemen grup C.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia segera memulai perjuangannya dalam fase grup C putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Skuad Garuda dijadwalkan membuka persaingan dengan menantang Arab Saudi di King Abdullah Sport City, Jeddah pada Jumat (6/9/2024) dini hari WIB.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ogah memasang target muluk-muluk buat anak-anak asuhnya jelang bersaing di ronde 3 FIFA World Cup 2026 Qualifiers. Juru taktik asal Korea Selatan menilai paling realistis bagi pihaknya untuk mematok skuad Garuda finis di posisi 3 atau 4 klasemen.

Sekadar informasi, pasukan Merah Putih memang bakal dihadapkan dengan lawan yang bukan kaleng-kaleng di fase kali ini. Mereka harus menantang Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China dalam misi mengejar tiket putaran final Piala Dunia 2024.

Hanya dua tim urutan teratas di masing-masing grup yang bisa mendapat tiket lolos otomatis ke kompetisi dua tahun mendatang. Sementara itu, negara yang finis di urutan 3 dan 4 harus berjuang lagi lewat kualifikasi putaran empat jika ingin tembus ke Piala Dunia 2026.

"Memang ini grup terberat di putaran 3, tetapi kami tidak akan menyerah," ucap Shin Tae-yong dalam pernyataannya jelang laga perdana kualifikasi putaran 3 melawan Arab Saudi pada Rabu (4/9/2024).

"Nyatanya, kami tidak mencari posisi 1 atau 2 (di klasemen grup). Lebih realistis (buat Timnas Indonesia) mengincar posisi 3 atau 4 agar bisa mencapai stage selanjutnya. Itu menurut pemikiran saya," sambung pelatih asal Korea Selatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komitmen Shin Tae-yong

Lebih lanjut, Shin Tae-yong juga tak mau umbar janji sampai di mana pihaknya mampu mengantar Timnas Indonesia dalam misi mereka memperebutkan tiket Piala Dunia 2026.

Walau begitu, pria berusia 53 tahun berkomitmen akan berupaya semaksimal mungkin demi membawa skuad Garuda mencapai level tertinggi yang bisa mereka raih, khususnya di kawasan Asia.

"Saya sangat bersyukur karena tim kami terus berkembang, tetapi saya tidak bisa bilang kita akan mencapai stage mana," ujar Shin Tae-yong jujur.

"Walau begitu, personal goal saya adalah ingin Timnas Indonesia bisa mencapai hasil tertinggi atau paling maksimal di level Asia, meskipun belum bisa mencapai (predikat) top 2 Asia," tambah pelatih skuad Garuda.

3 dari 3 halaman

Balik ke Indonesia usai Tantang Arab Saudi

Adapun setelah menantang Arab Saudi, Shin Tae-yong dan anak-anak asuhnya akan kembali ke Indonesia untuk mempersiapkan diri melakoni laga kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Australia.

Rizky Ridho dan kawan-kawan dijadwalkan menjamu Socceroos di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta pada Selasa (10/9/2024) mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.