Sukses

Shin Tae-yong Tak Tertekan Hadapi Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026, Dimotivasi Prestasi Kalahkan Jerman

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong tak merasa tertekan jelang menghadapi putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia sebab sudah punya banyak pengalaman melatih, termasuk saat mengalahkan Jerman bersama Korea Selatan di Piala Dunia 2018.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ogah merasa tertekan jelang menghadapi putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Meski ditunggu deretan lawan berat, juru taktik asal Korea Selatan itu mengaku ingin menikmati momen sembari memberikan upaya maksimal demi mengantar anak-anak asuhnya meraih pencapaian terbaik.

Seperti diketahui, skuad Garuda tergabung dalam grup C FIFA World Cup 2026 Qualifers round 3. Rizky Ridho dan kawan-kawan harus melewati adangan Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China jika ingin mewujudkan mimpi tampil putaran final Piala Dunia 2026.

Timnas Indonesia sendiri dijadwalkan memulai perjuangan dengan menantang Arab Suadi di King Abdullah Sport City, Jumat (6/9/2024) dini hari WIB. Setelahnya, pasukan Garuda bakal kembali ke Tanah Air untuk menjamu Australia pada Selasa (10/9/2024) mendatang.

Shin Tae-yong selaku juru taktik skuad Garuda enggan merasakan tekanan jelang mengarungi putaran 3 kualifikasi bersama Timnas Indonesia. Malahan, dia mengaku ingin rileks lantaran sudah punya pengalaman menantang negara lebih kuat, terutama saat menukangi Korea Selatan di Piala Dunia 2018.

"Daripada memberi tekanan pada diri saya dan tim, saya lebih ingin menikmati momen dan mencoba yang terbaik," ucap STY dalam pernataannya jelang laga perdana kontra Arab Saudi, Rabu (4/9/2024) lalu.

"Secara individu, saya punya banyak pengalaman menjadi pelatih kepala. Di Piala Dunia, saya juga memiliki kenangan bermain melawan Jerman (dengan Timnas Korea Selatan), dan kami menyelesaikan pertandingan dengan sangat bagus."

"Kami melakukan persiapan dengan baik, dan kemudian (hasilnya) sesuai dengan usaha dan persiapan kami. Jadi saya tidak stres (jelang menghadapi putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia)," sambung juru taktik skuad Garuda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Momentum Timnas Indonesia

Terlepas dari sikap tenang tersebut, Shin Tae-yong tetap memandang Kualikasi Piala Dunia 2026 ronde 3 sebagai momentum penting untuk dimanfaatkan skuad Garuda.

Pasalnya secara realistis, keberhasilan Timnas Indonesia tembus hingga tahap ini saja sudah merupakan prestasi sekaligus sejarah yang patut diapresiasi.

"Bisa sampai ke putaran 3 ini adalah pencapaian yang sangat fantastis untuk Indonesia, dan ini adalah momentum bagi kami," kata Shin Tae-yong lagi.

3 dari 3 halaman

Ogah Pasang Target Muluk-Muluk

Sementara itu terkait target, Shin Tae-yong ogah memasang ambisi muluk-muluk buat anak-anak asuhnya. Dia cuma berharap Timnas Indonesia mampu mengamankan setidaknya posisi 3 atau 4 klasemen akhir grup untuk melanjutkan perjuangan di putaran keempat.

"Memang ini grup terberat di putaran 3, tetapi kami tidak akan menyerah," ucap Shin Tae-yong dalam pernyataannya jelang laga perdana melawan Arab Saudi di kualifikasi putaran 3, Rabu (4/9/2024).

"Nyatanya, kami tidak mencari posisi 1 atau 2 (di klasemen grup). Lebih realistis (buat Timnas Indonesia) mengincar posisi 3 atau 4 agar bisa mencapai stage selanjutnya. Itu menurut pemikiran saya," sambung pelatih asal Korea Selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.