Sukses

Ketua Umum Perbasi Danny Kosasih Meninggal Dunia

Danny Kosasih wafat karena sakit jantung pada usia 69 tahun.

Liputan6.com, Jakarta- Kabar duka datang dari ketua umum Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Danny Kosasih. Pada Kamis 5 September 2024 malam WIB, Danny Kosasih meninggal dunia di Rumah Sakit Medistra.

Danny Kosasih atau Kho Po Thay wafat pada usia 69 tahun karena sakit jantung. Kepergian Danny Kosasih ini dibenarkan oleh wakil ketua umum Perbasi George Fernando Dendeng dan selebriti Augie Fantinus saat dikonfirmasi Liputan6.com.

"Iyaa baru 30 menit yg lalu," ujar George saat menjawab Whatsapp dari Liputan6.com.

Danny diketahui sempat menjalani perawatan untuk pemasangan ring di jantungnnya pada Kamis (5/9/2024).

Dilahirkan pada 20 Februari 1955, Danny Kosasih memang dikenal sangat mencintai olahraga bola basket. Kecintaannya terhadap olahraga yang ditemukan James Naismith ini adalah warisan dari sang ayah.

Danny aktif menjadi pelatih sebelum akhirnya memimpin Perbasi sejak 2015. Danny memimpin bola basket Indonesia selama dua periode. Masa kepemimpinannya sendiri akan berakhir pada Oktober nanti dimana Perbasi akan mencari ketua umum yang baru.

Karena sudah memimpin dua periode, Danny Kosasih tidak akan mencalonkan diri lagi. Di masa kepemimpinan Danny Kosasih, Perbasi meraih masa kejayaannya. Untuk pertama kalinya tim basket putra dan putri bisa meraih medali emas di SEA Games.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prestasi Besar Danny Kosasih untuk Basket Indonesia

Timnas bola basket putra menjadi juara SEA Games Hanoi yang digelar pada tahun 2022. Kemudian timnas basket putri juga meraih emas pada SEA Games 2023.

Di era kepemimpinan pria yang lahir dengan nama Kho Po Thay itu juga Indonesia sukses menggelar Piala Dunia Bola Basket di Jakarta. Bersama Jepang dan Filipina, Indonesia menjadi tuan rumah.

3 dari 3 halaman

Perjalanan Danny Kosasih

Sosok Danny Kosasih dikenal sebagai satu dari sedikit ketua federasi olahraga di Indonesia yang merupakan mantan pelatih dan bukan pengusaha tajir ataupun pejabat negara.

Karena tak memiliki banyak rangkap jabatan, Danny Kosasih selama menjabat sangat mudah dihubungi awak media. Dia biasanya dengan ramah akan menjawab setiap pertanyaan dari wartawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini