Sukses

Timnas Indonesia Tahan Arab Saudi, Erick Thohir Soroti Stamina

Erick Thohir melihat stamina pemain timnas Indonesia sedikit menurun pada babak kedua saat melawan Arab Saudi.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia sukses mengawali kiprah putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan baik. Pasukan Shin Tae-yong menahan imbang Stadion King Abdullah Sport City, Jeddah, pada Jumat (6/9/2024) dini hari WIB.

Timnas Indonesia bahkan sempat unggul lebih dulu di kandang Arab Saudi melalui gol Ragnar Oratmangoen di menit 19. Mendapatkan ruang tembak, tendangannya sempat membentur Sandy Walsh tapi bola berbelok ke arah gawang.

Arab Saudi berhasil samakan skor 1-1 lewat Musal Al Juwayr di menit ke-45+2. Manfaatkan umpan Kanno, tendangan Musal mengecoh Maarten Paes karena bola mengenai badan Calvin Verdonk.

Di babak kedua, Indonesia mampu menahan gempuran Arab Saudi berkat permainan gemilang kiper Maarten Paes. Pemain FC Dallas itu sukses menepis beberapa peluang emas Arab Saudi termasuk eksekusi penalti dari Salem Al Dawsari pada menit 79.

Melihat penampilan timnas Indonesia saat dijamu Arab Saudi, Erick Thohir memberikan pujian terutama soal kinerja di babak pertama. Namun untuk babak kedua, Erick melihat stamina para pemain mulai turu.

"Saya rasa babak pertama kita bermain sangat baik cuman kecolongan di ujung. Babak kedua kita lihat stamina kita mulai menurun," kata Erick Thohir kepada wartawan di Jakarta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PSSI Perhatian Performa Pemain Timnas Indonesia

Erick menilai stamina yang kurang tersebut diakibatkan beberapa pemain yang jarang diturunkan di klubnya masing-masing. "Ini yang saya rasa kenapa saya bilang di liga itu kita mengharapkan (pemain) timnas main," katanya.

"Bahkan tim nasional yang kami bentuk sekarang itu memperhatikan pemain-pemain di luar negeri itu bermain atau tidak," tegas Erick Thohir.

"Jadi jangan badan tim nasional ini hanya ngurus tiket, administrasi. Tadi aja saya duduk sama mereka, saya tanya main berapa menit, main berapa game. Karena tidak mungkin pemain-pemain timnas ini tidak mendapatkan kesempatan main."

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain Arab Saudi vs Indonesia

Arab Saudi (3-4-2-1): 21 Mohamed Al Qowais; 17 Hassan Tambaldi, 4 Ali Lajabi, 5 Ali Al Bulayhi; 2 Sultan Al Ghannam, 8 Musal Al Juwayr, 15 Abdullah Al Khaibari, 13 Moteb Al Harbi/12 Saud Abdulhamid (33); 20 Abdullah Radif, 10 Salem Al Dawsari; 23 Mohammed Kanno

Indonesia (3-5-2): 1 Maarten Paes: 5 Rizki Ridho, 3 Jay Idzes, 6 Sandy Walsh; 8 Witan, 18 Ivar Jenner, 19 Thom Haye, 22 Nathan, 2 Calvin Verdonk; 9 Rafael Struick, 11 Oratmangoen

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini