Sukses

Hasil UEFA Nations League: Drama 7 Gol Warnai Kemenangan Belanda, Jerman Gilas Hungaria

Belanda dan Jerman kompak memetik kemenangan besar dalam laga perdana mereka di UEFA Nations League pada Minggu (8/9/2024) dini hari WIB. Oranje unggul 5-2 atas Bosnia dan Herzegovina, sementara Jerman menggilas Hungaria 5-0.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Belanda sukses memetik kemenangan besar saat menghadapi Bosnia dan Herzegovina dalam laga perdana League A Grup 3 UEFA Nations League 2024/2025 pada Minggu (8/9/2024) dini hari WIB. 

Tampil di Stadion Philips Eindhoven, Oranje menang usai melewati drama 7 gol kontra tim tamu. Skuad racikan Ronald Koeman unggul 5-2 yang membawa mereka kini menempati urutan 2 klasemen grup sementara. 

Adalah striker baru Manchester United Joshua Zirkzee yang berperan membuka keran gol Timnas Belanda. Dia membobol jaring lawan pada menit 13 untuk membawa negaranya unggul 1-0.

Akan tetapi, Bosnia dan Herzegovina ogah tinggal diam. Ermedin Demirovic menyamakan kedudukan di menit 27 setelah memanfaatkan umpan dari Denis Huseinbasic. 

Belanda baru bisa mengembalikan keunggulannya pada masa injury time jelang turun minum. Berawal dari umpan Zirkzee, bintang AC Milan keturunan Indonesia Tijjani Reijnders sukses mencatatkan nama di papan skor sekaligus membawa Belanda memimpin lagi dengan 2-1. 

Di babak kedua, skuad racikan Koeman makin tak terbendung. Baru 11 menit laga berjalan pasca jeda, pundi-pundi gol Oranje kembali bertambah lewat Cody Gakpo yang menuntaskan umpan Reijnders. 

Edin Dzeko sempat memperkecil ketertinggalan pada menit 73. Namun, capaian itu tak cukup membawa Bosnia dan Herzegovina selamat dari kekalahan, sebab Wout Weghorst dan Xavi Simons mempertegas keunggulan Belanda di laga perdana lewat gol mereka pada menit 88 serta 90+2.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hasil Jerman vs Hungaria di UEFA Nations League

Sementara itu di tempat berbeda, Jerman juga berhasil menggilasHungaria kala berjumpa dalam laga pembuka mereka di League A Grup 3 UEFA Nations League.

Bertanding di Merkur Spiel-Arena, Dusseldorf, Minggu (8/9/2024) dini hari WIB, skuad racikan Julian Nagelsmann menang telak dengan 5 gol tanpa balas atas tamunya.

Niclas Fullkrug ('27), Jamal Musiala ('57), Florian Wirtz ('66), Aleksandar Pavlovic  ('77), dan Kai Havertz ('81) menjadi aktor penting di balik kemenangan Jerman usai menyumbang masing-masing satu gol dalam laga kontra Hungaria.

Berkat capaian tersebut, Jerman berhak menduduki puncak klasemen grup sementara. Mereka unggul atas Belanda sebab dominan dalam hal selisih gol ketimbang anak-anak asuh Ronald Koeman.

3 dari 3 halaman

Rekap Hasil UEFA Nations League, Minggu 8 September 2024

Yunani 3-0 Finlandia

Ukraina 1-2 Albania

Belanda 5-2 Bosnia dan Herzegovina

Jerman 5-0 Hungaria

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.