Sukses

Segera Dinaturalisasi, Mees Hilgers Akui Sudah Lama Tertarik Bela Timnas Indonesia

Calon pemain Timnas Indonesia Mees Hilgers yang segera dinaturalisasi rupanya sudah lama menyimpan minat untuk membela skuad Garuda.

Liputan6.com, Jakarta Calon pemain Timnas Indonesia Mees Hilgers rupanya sudah lama menyimpan minat untuk membela skuad Garuda. Ketertarikan itu dia miliki meski sang penggawa sejatinya sudah sempat mencatatkan satu caps bersama Timnas Belanda U-21.

Seperti diketahui, Hilgers bersama adik bintang AC Milan Tijjani Reijnders, Eliano Reijnders, memang berpeluang menjadi amunisi tambahan untuk skuad racikan Shin Tae-yong dalam waktu dekat.

Keduanya segera menjalani proses naturalisasi usai bertemu langsung dan berjabat tangan dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir, sebagaimana dibagikan lewat Instagram resmi pemimpin federasi sepak bola Tanah Air pada Jumat (6/9/2024) lalu.

Hilgers sendiri mengakui bahwa tawaran untuk membela Timnas Indonesia sejatinya sudah datang ketika dia masih tergabung dalam skuad Twente U-19 beberapa tahun silam. Akan tetapi, kesempatan tersebut tak terlalu dipikirkannya sebab dia masih sibuk dengan aktivitas klub.

"Sudah lama saya ingin melakukan ini (gabung dengan Timnas Indonesia), tetapi keadaannya tidak memungkinkan," ucap Hilgers dalam YouTube FC Twente, seperti dinukil dari laporan Antara.

"Saya sangat sibuk dengan Twente, jadi saya tidak terlalu memikirkan tim nasional," sambung bek yang diketahui memiliki darah Sulawesi Utara dari ibunya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mulai Lirik Timnas Indonesia saat Gabung Skuad Belanda

Adapun setelahnya, Mees Hilgers sempat mengecap persaingan dengan Timnas Belanda U-21. Dia mencatakan satu penampilan ketika pasukan muda Oranje menantang Belgia dalam laga persahabatan internasional yang digelar September 2022 silam.

Hilgers kala itu menginjak usia 21 tahun dan 4 bulan. Dia dipercaya bermain selama 45 menit, dengan laga pada akhirnya tuntas 2-1 untuk kemenangan Timnas Belanda U-21 atas Belgia U-21.

Barulah selepas penampilan tersebut, Mees Hilgers mulai memikirkan Timnas Indonesia. Ketertarikannya terhadap skuad Garuda terus tumbuh hingga sang pemain menghubungi Fardy Bachdim, yang pernah mengageni dia, untuk mengutarakan cita-cita memperkuat skuad Garuda.

"Saya pertama kali bermain untuk tim junir Belanda. Akan tetapi, makin lama, saya makin tertarik dengan Indonesia. Saya mulai berpikir, kenapa saya tidak bermain untuk Timnas Indonesia saja," ujar Hilgers, seperti dilansir Antara.

"Saya cuma mengirim pesan bahwa saya ingin bergabung dengan Timnas Indonesia. Mereka sangat senang. Mereka sama sekali tidak menyangkan saya bakal menghubungi mereka. Jadi begitulah prosesnya. Dalam waktu sekitar 4 hari, semua dokume beres," tambah pemain FC Twente.

3 dari 4 halaman

Didukung Keluarga

Minat Mees Hilgers membela Timnas Indonesia turut mendapat dukungan besar dari keluarganya. Kebetulah, Hilgers memang punya kerabat asal Indonesia yang kini tinggal di Amersfoort. Dorongan dari mereka pun turut diklaim memengaruhi keputusannya.

"Saya punya keluarga yang amat besar. Sembilan bibi dan paman, kalau tidak salah. Ada juga orang tua dan kakek nenek saya. Seperti saya katakan sebelumnya, saya berasal dari Amersfoort, Belanda, tempat tinggal keluarga Indonesia saya," cerita Hilgers.

"Kami makan bersama dan menghabiskan waktu bersama. Itu sangat memengaruhi saya sebagai pribadi. Keluarga saya pun sangat senang saya akan bermain untuk Timnas Indonesia," tandas dia.

4 dari 4 halaman

Eliano Reijnders Juga Didukung Gabung Timnas Indonesia

Layaknya Mees Hilgers, Eliano Reijnders yang juga segera menjalani naturalisasi untuk menjadi pemain Timnas Indonesia turut mendapat dukungan dari keluarga dekatnya.

Kakak Eliano, Tijjani Reijnders langsung mengunggah ulang kebersamaan sang adik dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir melalui story Instagram dan sempat meninggalkan komentar di posting-an sang adik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.