Sukses

Barcelona Terpukul, Talenta Muda Marc Bernal Terkapar 12 Bulan Akibat Cedera Parah

Barcelona mengumumkan berita buruk menyangkut gelandang muda Marc Bernal yang harus menjalani masa pemulihan hingga 12 bulan karena cedera ACL.

Liputan6.com, Jakarta - Barcelona mengumumkan berita buruk menyangkut gelandang muda Marc Bernal yang harus menjalani masa pemulihan hingga 12 bulan karena cedera ACL.

Dalam pertandingan La Liga melawan Rayo Vallecano, akhir bulan lalu, Bernal mengalami cedera serius pada masa injury time. Kekecewaan dan rasa sakit yang dirasakannya terlihat jelas lewat tangisan saat dirinya dibantu keluar lapangan oleh staf medis.

Ternyata, selain robeknya ACL, Bernal juga mengalami kerusakan pada meniskus. Ini tentu saja memperpanjang waktu pemulihannya.

Barcelona mengonfirmasi bahwa operasi Marc Bernal berjalan sukses, namun ia diperkirakan baru pulih sepenuhnya pada September 2025. 

"Marc Bernal telah menjalani prosedur pembedahan yang berhasil pada cedera ligamen anterior cruciatum dan meniskus lateral di lutut kirinya yang dilakukan oleh Dr. Joan Carles Monllau di bawah pengawasan layanan medis klub di Rumah Sakit Barcelona, waktu pemulihan diperkirakan 12 bulan." demikian pernyataan klub, dilansir oleh SportsMole.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penggemar Barcelona Kecewa

Para pendukung Barcelona sangat merasakan kehilangan besar setelah Bernal mengalami cedera parah di momen yang krusial. Cedera ini sangat mengecewakan karena Bernal baru saja mulai menunjukkan potensi besar di bawah arahan Hansi Flick.

Dengan terkaparnya pemain lain, Bernal mendapat kesempatan tampil menonjol di pramusim dan berhasil merebut posisi starter di tim utama Flick pada awal musim ini.

Bernal menjadi starter dalam tiga pertandingan pertama Barcelona di LaLiga musim ini, dimana La Blaugrana meraih kemenangan melawan Athletic Bilbao, Valencia, dan Vallecano.

Sebelum musim dimulai, dia menandatangani kontrak baru dengan Barcelona yang berlaku hingga 2026, dengan opsi perpanjangan sampai 2029. Ini adalah pencapaian penting bagi Bernal, yang akan merayakan ulang tahun ke-18 pada bulan Mei mendatang.

Sebagai lulusan La Masia, Bernal telah memperkuat timnas Spanyol U-17 sembilan kali dan tampil dalam empat pertandingan Piala Dunia 2023, membantu timnya mencapai perempat final. Kini, setelah cedera, harapan besar ditempatkan pada dirinya untuk segera pulih dan kembali dengan performa terbaik.

3 dari 3 halaman

Daftar Cedera Barcelona

Para dokter Barcelona saat ini sedang sibuk merawat beberapa pemain cedera, termasuk Bernal, Gavi (ACL), dan Frenkie de Jong (masalah pergelangan kaki).

Fermin Lopez, yang baru berusia 21 tahun, juga harus masuk ruang perawatan setelah cedera hamstring saat bermain untuk tim Spanyol U-21. Ia diperkirakan harus menepi selama tiga minggu kedepan.

Di lini belakang, Andreas Christensen, yang sering bermain sebagai gelandang bertahan, kemungkinan besar akan absen hingga  2025 karena masalah Achilles. Sementara itu, Ronald Araujo mungkin harus absen hingga Oktober karena cedera hamstring yang dialami.

Namun, ada sedikit kabar baik untuk Flick. Mundo Deportivo melaporkan bahwa Ansu Fati mungkin akan pulih dari cedera kaki dan siap tampil dalam pertandingan hari Minggu melawan Girona.

Barcelona memimpin La Liga dengan keunggulan empat poin dari Real Madrid, Atletico Madrid, dan Villarreal, serta merupakan satu-satunya yang menang dalam empat pertandingan pertama musim ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini