Sukses

Jelang Timnas Indonesia vs Australia, GBK Sudah Dipadati Fans Sejak Sore

Penonton banyak yang memilih masuk lebih awal menghindari kepadatan laga timnas Indonesia vs Australia.

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Indonesia akan melawan Australia di laga kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Selasa 10 September 2024. Kick-off dijadwalkan berlangsung pukul 19.00 WIB. Namun suporter sudah memadati GBK sejak sore hari.

Pantauan Liputan6.com, jalanan di Jenderal Sudirman menuju kawasan Senayan macet total sejak dari Dukuh Atas. Beberapa penonton memilih berjalan kaki atau pindah ke MRT yang bebas macet demi bisa sampai GBK lebih awal.

Pintu masuk ke stadion sendiri mulai dibuka untuk umum pukul 16.00 WIB. Meski masih tersisa tiga jam para penonton banyak yang memilih langsung masuk menempati tempat duduknya masing-masing menghindari antrean panjang menjelang kick-off.

Stand-stand makanan dan jajanan yang berada di ringroad GBK juga sudah diserbu para penonton. "Makan dulu deh sekarang daripada nanti ramai dan berjubel," ujar Vidi, salah satu penonton timnas Indonesia vs Australia.

Stand merchandise resmi timnas Indonesia yang dibuka sponsor apparel Erspo juga laris manis. Banyak penonton timnas Indonesia melawan Australia yang membeli jersey baru sebelum masuk ke stadion.

Bukan hanya merchandise resmi yang laris, pernak-pernaik tak resmi seperti bando bergambar pemain-pemain timnas Indonesia juga laris manis. Bando-bando ini dijual dengan harga relatif murah Rp 20.000.

Merchandise ala K-Pop ini mulai banyak dijumpai di laga timnas Indonesia karena semakin banyak wanita yang tergila-gila dengan pemain skuad Garuda terutama setelah hadirnya pemain naturalisasi seperti Nathan Tjoe-A-On dan Justin Hubner.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengamanan Ketat Timnas Indonesia vs Australia

Polisi siap amankan laga lanjutan grup C putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.  Timnas Indonesia bakal menghadapi Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta pada Selasa (10/9/2024) pukul 19.00 WIB.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi menerangkan, sebanyak 2.335 personel gabungan dikerahkan.

"Untuk pengamanan pertandingan sepak bola maka Polda Metro Jaya menurunkan 2335 personil gabungan," kata Ade Ary kepada wartawan, Selasa (10/9/2024).

Ade Ary mengatakan, ribuan personel terdiri dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat,  Kodam Jaya dan Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Jakarta.

"Ada pemadam kebakaran ada ambulan ada dinas perhubungan Satpol PP," ucap dia.

3 dari 3 halaman

Himbauan Polda Metro Jaya

Sementara itu, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengimbau masyarakat menghindari kawasan di sekitar Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat.

"Untuk masyarakat dari pukul 15.00 Wib sampai 21.00 WIB untuk mengindari ruas jalan seputaran GBK," seperti dikutip dari akun twitter alias X @TMCPoldaMetro, Selasa (10/9/2024). 

Imbauan yang sama juga ditujukan kepada suporter Indonesia. Diharapkan, untuk menggunakan transportasi umum.

"Diimbau kepada suporter Timnas Indonesia saat menyaksikan pertandingan di SUGBK agar tidak menggunakan kendaraan pribadi, mengingat parkir di areal GBK sangat-sangat terbatas," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.