Sukses

Sanjungan STY buat Maarten Paes usai Timnas Indonesia Tahan Australia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Shin Tae-yong menyanjung performa kiper Maarten Paes yang jadi aktor penting di balik keberhasilan Timnas Indonesia menahan imbang Australia yang notabene lebih dominan dari segi ranking di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia sukses menahan imbang Australia dalam laga kedua Grup C putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Tampil di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2024) malam WIB, skuad Garuda memaksa Socceroos bermain tanpa gol usai Maarten Paes melakukan sejumlah penyelamatan apik sepanjang laga. 

Statistik mencatat ada setidaknya 5 tembakan on target yang mampu dimentahkan kiper FC Dallas. Hasil ini membawa Timnas Indonesia mendapat tambahan 1 poin dan bertahan di urutan 4 klasemen sementara grup C. 

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong pun buka suara menanggapi penampilan kiper yang baru debut di laga kontra Arab Saudi beberapa waktu lalu. 

Menurutnya, Paes tampil bersinar dengan skuad Garuda, baik di laga perdana melawan The Green Falcons maupun pertandingan kedua melawan Australia. 

"Dia bermain sangat baik. Saya yakin performanya itu akan terus meningkat," ujar Shin Tae-yong selepas hasil imbang skuad Garuda melawan Socceroos, Selasa (10/9/2024), sebagaimana dinukil dari Antara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masih Ada Ruang untuk Perbaikan

Walau begitu, Shin Tae-yong tak menampik bahwa masih ada ruang bagi Maarten Paes untuk kembali berbenah.

Eks juru taktik Timnas Korea Selatan menilai sang kiper bisa tampil lebih cemerlang jika mampu membangun kekompakan dengan rekan-rekannya di lini belakang.

"Paes itu dapat memimpin rekan-rekannya dari lini paling belakang tim. Saya yakin dia akan lebih baik lagi ketika dia dan pemain lain lebih kompak satu sama lain," kata STY lagi.

3 dari 3 halaman

Respons Pelatih Australia

Sementara itu, pelatih Timnas Australia Graham Arnold menyayangkan kegagalan timnya menjinakkan Indonesia di SUGBK. Menurutnya, para pemain kurang beruntung sebab selalu gagal membobol jaring Maarten Paes.

Dia juga tak segan memuji aksi penjaga gawang Timnas Indonesia yang selalu berhasil menggagalkan upaya anak-anak asuhnya mencetak gol.

"Kami melewatkan peluang lagi. Sangat mengecewakan dua laga awal gagal menang, tapi masih ada delapan pertandingan lagi," ucap Arnold dalam konferensi pers pasca laga. 

"Kami sudah berjuang keras di laga ini. Kami bisa menciptakan lima sampai enam peluang. Tapi kiper Indonesia tampil baik melakukan beberapa penyelamatan gemilang," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.