Sukses

Alasan Pratama Arhan Dimainkan di Babak Kedua Timnas Indonesia vs Australia

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong membeberkan alasan mengapa menurunkan Pratama Arhan pada babak kedua laga melawan Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (10/9/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong membeberkan alasan mengapa menurunkan Pratama Arhan pada babak kedua laga melawan Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (10/9/2024). 

Dia ingin anak asuhnya itu membantu pertahanan tim pada laga Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Dengan kontribusi Arhan, Timnas Indonesia sukses mengimbangi Australia 0-0.

Memiliki posisi asli bek kiri, Pratama Arhan diturunkan sebagai winger kiri saat bertemu Australia. Dia menggantikan Marselino Ferdinan untuk melapis Calvin Verdonk.

“Sebagai pelatih, saya harus bisa mengambil keputusan dengan cepat seperti bagaimana mengantisipasi situasi seperti ini. Saya pikir Pratama Arhan selain bertahan, bisa membantu untuk menyerang balik," ungkap Shin Tae-yong.

“Selain itu, kami juga dapat memanfaatkan lemparan jauh dari Arhan.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Strategi Shin Tae-yong di Laga Timnas Indonesia vs Australia

 

Selain Itu STY mengungkapkan strategi yang ia gunakan dalam konferesi pers pasca pertandingan Indonesia vs Australlia. Menyadari superioritas lawan dalam hal komposisi skuad, dia fokus agar Jay Idzes dan kawan-kawan fokus pada pertahanan.

“Jadi bertahan dulu lalu serang balik. Saya pikir menyerang balik, setiap saat saya harus berpikir dengan cepat dan harus bikin juga taktiknya tergantung situasinya,” ungkap Shin Tae-yong.

3 dari 3 halaman

Shin Tae-yong Juga Puji Maarten Paes

Timnas Indonesia sukses menahan imbang Australia dalam laga kedua Grup C putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Tampil di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2024) malam WIB, skuad Garuda memaksa Socceroos bermain tanpa gol usai Maarten Paes melakukan sejumlah penyelamatan apik sepanjang laga. 

Statistik mencatat ada setidaknya 5 tembakan on target yang mampu dimentahkan kiper FC Dallas. Hasil ini membawa Timnas Indonesia mendapat tambahan 1 poin dan bertahan di urutan 4 klasemen sementara grup C. 

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong pun buka suara menanggapi penampilan kiper yang baru debut di laga kontra Arab Saudi beberapa waktu lalu. 

Menurutnya, Paes tampil bersinar dengan skuad Garuda, baik di laga perdana melawan The Green Falcons maupun pertandingan kedua melawan Australia. 

"Dia bermain sangat baik. Saya yakin performanya itu akan terus meningkat," ujar Shin Tae-yong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini