Sukses

Perbasi Datangkan Mantan Pelatih LeBron James dan Kobe Bryant, Latih Talenta Basket Indonesia

Phil Handy pernah melatih banyak pebasket top NBA. Dia merupakan salah satu pelatih yang disegani.

Liputan6.com, Jakarta- Menjelang berakhirnya kepengurusan periode 2019-2023, PP Perbasi memberikan kejutan dengan akan mendatangkan pelatih basket ternama dari Amerika Serikat Phil Handy ke Jakarta. Mantan pelatih Los Angeles Lakers itu akan memberikan pelatihan kepada pemain muda dan pelatih basket di Indonesia.

Phil Handy merupakan sosok disegani di dunia bola basket. Beragam prestasi mentereng telah ditorehkannya termasuk berhasil mencatatkan 5 kali sebagai finalis di NBA masing-masing pada tahun 2016, 2017, 2018, 2019, dan 2020. Dia juga pernah meraih gelar juara NBA tiga kali di tahun 2016, 2019 dan 2020.

Banyak pebasket top NBA yang pernah digembleng oleh pria kelahiran 24 Agustus 1971 itu. Mulai dari almarhum Kobe Bryant, Anthony Davis, Kyrie Irving hingga LeBron James.

Phil Handy juga pernah membantu Timnas Putri menembus 8 besar pada Asian Games 2022 yang berlangsung pada 23 September-8 Oktober 2023 di Hangzhou, China.

Perbasi mendatangkan Phil Handy untuk memberikan pelatihan kepada pebasket usia 14 sampai 18 tahun serta para pelatih. Program pelatihan Phil Handy di Jakarta akan berlangsung pada tanggal 25 hingga 28 September 2024.

Pada 25 September 2024, Phil Handy akan menjadi pemateri dalam coaches clinic. Peserta coaches clinic hanya untuk 50 peserta. Pelatih yang boleh mengikuti coaches clinic harus memiliki lisensi kepelatihan minimal lisensi B.  

Kemudian pada 26 dan 27 September 2024, Phil Handy akan memberikan ilmu kepelatihannya kepada anak-anak usia 14 hingga 18 tahun berupa coaching clinic di GBK Arena Senayan. Pemilihan usia ini ditetapkan agar peserta yang mengikuti sesi latihan PhilHandy ini memiliki dasar yang benar dalam bermain bola basket.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ide Pelatihan Phil Handy Muncul dari Danny Kosasih

Selanjutnya pada 28 September 2024, Phil Handy akan hadiri acara meet and greet juga talkshow, yang berlangsung di OCBC Space BSD, Tangerang.

Mendatangkan Phil Handy melatih talenta basket Indonesia ini merupakan salah satu gagasan dari mendiang ketum Perbasi periode 2019-2023, Danny Kosasih. Kebetulan Phil Handy memiliki kedekatan dengan manajer timnas basket putri Indonesia Christopher Tanuwidjaya.

"Jadi saat itu kita lagi di Jepang. Tiba-tiba Phil kontak saya memberitahu ada waktu lagi untuk datang ke Indonesia. Dia tanya ada program gak di Indonesia. Kemudian Danny Kosasih bilang coba nanya mau gak latih anak-anak. Phil bilang ok, gak masalah tapi jangan yang tidak punya dasar basket. Dia mau yg sudau punya dasar bermain bola basket," terang Itop, sapaan akrab Christopher.

3 dari 3 halaman

Biaya Pelatihan Phil Handy

Biaya pelatih bola basket bersama Phil Handy sebenarnya sangat mahal. Di Amerika Serikat saja mencapai 900 dolar per sesinya. Untuk pelatihan di Indonesia, awalnya disepakati harga Rp 5 juta per sesi untuk pemain.

Namun Danny Kosasih kemudian meminta agar biaya diturunkan agar lebih banyak anak yang bisa ikut berlatih bersama Phil Handy. Beruntung Perbasi juga bisa mendapatkan sponsor OCBC sehingga akhirnya biaya mengikuti latihan bisa diturunkan menjadi Rp 3,5 juta untuk pemain dan Rp 2,5 juta untuk pelatih. Bakal ada empat sesi latihan untuk pemain muda dengan setiap sesi diikuti 35 orang.

"Kami memilih Phil Handy karena reputasinya sudah terbukti. Banyak pemain hebat yang pernah dilatihnya," sambung Itop.

Pendaftaran peserta latihan basket bersama Phil Handy baru akan dibuka Perbasi pekan depan.

“Kita harapkan prestasi bola basket Indonesia semakin berkembang dengan baik dan yang pasti industri olahraga juga mendapatkan ruang yang luas,” tutur Plt Ketum PP PERBASI Ardima Rama Putra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini