Sukses

Persaingan Cabor Anggar PON 2024 Dimulai, 220 Atlet Berebut Medali

Cabor Anggar di PON 2024 sudah dimulai pada 11 September 2024. Persaingan memperebutkan medali berlangsung sampai 16 September 2024.

Liputan6.com, Aceh- Cabang olahraga anggar sudah resmi memulai persaingan di Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut XXI 2024 pada Rabu (11/9/2024). Pertandingan Anggar PON 2024 dilangsungkan di GOR Anggar kompleks Stadion Harapan Bangsa Lhongraya Banda Aceh.

Cabor Anggar dibuka secara resmi oleh Ketua Pengurus Besar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (PB IKASI) Agus Suparmanto. Turut hadir TD PON 2024I Aceh-Sumut Cabor Anggar Hans Nayoan, Ketua KONI Aceh Kamaruddin Abubakar, Ketua Umum Pengprov IKASI Aceh Nasir Syamaun dan sejumlah pengurus IKASI.

Agus Suparmanto usai membuka secara resmi cabor anggar kepada awak media mengatakan, perhelatan PON dengan tuan Aceh dan Sumatera Utara ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk melahirkan atlet-atlet anggar berbakat yang bisa bersaing hingga pada level internasional.

“PON 2024 di Aceh dan Sumut sebagai ajang seleksi atlet-atlet terbaik yang dimana akan dikembangkan dan dilanjutkan untuk event-event internasional. Ya diharapkan memang PON ini sangat spesial karena pertama kali di Aceh dan juga saya melihat potensial dan semangat dari pada atlet-atlet ini sangat tinggi dan motivasi kita berikan juga yang sangat tinggi,” kata Agus.

Agus juga menilai, venue yang berada di GOR Anggar kompleks Stadion Harapan Bangsa Lhongraya Banda Aceh ini cukup bagus dan sudah memiliki standart internasional.

“Saya melihat venuenya sangat bagus dan juga diharapkan di seluruh Indonesia, di seluruh provinsi mempunyai venue-venue anggar seperti ini,” ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Atlet Siap Bersaing di PON 2024

Sementara itu, salah satu atlet anggar dari Jawa Tengah, Vitson Bastian Kusuma Negara menyatakan kesiapannya untuk ikut pada ajang PON Aceh-Sumut.

“Ini PON pertama saya, jadi targetnya kita memang ingin yang terbaik,” kata Vitson yang turun di nomor EP individu putra.

Persiapan yang dilakukan oleh atlet anggar Jateng sudah dimulai jauh-jauh hari sebelum PON Aceh-Sumut digelar. “Untuk persiapan kami jauh-jauh hari sudah dimatangkan, bahkan mungkin dari bulan Maret sampai ke September ini persiapan sangat ketat sampai TC di luar negeri di Malaysia,” ujarnya.

“Terus mungkin kami juga manggil atlet-atlet senior buat tambah latihan juga pernah. Jadi persiapan dari anggar Jawa Tengah itu sangat maksimal dan kami berharap di PON ini bisa mendapatkan hasil yang baik,” pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Anggar Diikuti 26 Provinsi

Ketua Panitia cabor Anggar PON Aceh-Sumut Zulfikar dalam laporannya merincikan, cabor anggar PON XXI Aceh-Sumut berlangsung sejak 11 sampai dengan 16 September 2024. Ada 12 nomor yang dipertandingkan pada cabor ini yaitu, Floret perorangan putra/putri, Degen perorangan putra/putri, Sabel perorangan putra/putri, Floret beregu putra/putri, Degen beregu putra/putri dan Sabel beregu putra/putri.

Pada ajang kompetisi PON Aceh-Sumut ada 26 kontingen yang akan bersaing untuk memperebutkan medali di 12 nomor, yang diikuti oleh 220 atlet anggar yang terdiri dari 113 atlet putra dan 107 atlet putri.

Adapun 26 kontingen yang ikut pada cabor anggar yaitu, Aceh, Sumut, Sumbar, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawat Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Papua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini