Sukses

Manchester United Harus Bangkit Lagi, Cristiano Ronaldo Beri Pesan Khusus Buat Erik ten Hag

Meski Ronaldo memiliki status legendaris di Manchester United, masa tugas keduanya berakhir sebelum waktunya setelah berselisih dengan Ten Hag pada Desember 2022.

Liputan6.com, Jakarta Klub raksasa Liga Inggris Manchester United membuat perubahan besar pada jajaran direksi, staf pelatih, dan staf pemain selama jeda musim. Ini dilakukan bagian dari pembangunan kembali klub di bawah bendera INOES.

Pemilik minoritas baru Sir Jim Ratcliffe telah mencoba memberikan peningkatan peruntungan di klub yang finis di urutan kedelapan Liga Inggris musim 2023/2024. Di sisi lain, bukan untuk pertama kalinya selama masa jabatannya di Old Trafford, Erik ten Hag sekarang berada di bawah tekanan untuk memberikan respons.

Pelatih asal Belanda itu, kini ditantang kemampuannya untuk segera mengangkat kembali timnya, apalagi setelah mereka menelan kekalahan memalukan dari rival berat Liverpool.

Situasi ini rupanya menjadi perhatian mantan bintang MU Cristiano Ronaldo. Meskipun Ronaldo memiliki status legendaris di Theatre of Dreams, masa tugas keduanya berakhir sebelum waktunya setelah berselisih dengan Ten Hag pada Desember 2022.

Pemain internasional Portugal itu kemudian menjadi bintang bagi klub Arab Saudi Al-Nassr. Namun, ia tentu saja masih menyaksikan kejadian-kejadian yang terjadi di MU dari jauh. Dia merasa frustrasi karena mantan klubnya gagal bersaing untuk memperebutkan gelar Liga Primer.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ten Hag Harus Menerima Saran dari Legenda Klub

Berbicara pada podcast Rio Ferdinand Presents, yang akan dirilis pada hari Jumat, Ronaldo mengklaim bahwa Ten Hag seharusnya lebih menerima saran dari para legenda klub, khususnya Van Nistelrooy yang ia tunjuk sebagai asistennya di awal musim panas.

Antara tahun 2001 dan 2006, pemain asal Belanda itu menyumbangkan 150 gol dari 219 penampilan, memenangkan Liga Primer dan Piala FA selama waktunya di klub tersebut.

3 dari 4 halaman

Ronaldo Sebut Tak Bisa Bangun Klub Tanpa Pengetahun

"Jika Ten Hag mendengarkan Ruud, mungkin dia bisa (membantu dirinya sendiri). Saya pikir itu bisa sangat membantu karena dia tahu klub dan klub harus mendengarkan orang-orang yang ada di sana," kata Ronaldo.

"Anda [Rio] atau Roy Keane atau Paul Scholes atau Gary Neville, apa pun, Sir Alex Ferguson. Anda tidak bisa, Anda tidak bisa membangun kembali klub tanpa pengetahuan. Bukan orang-orang yang bekerja di kantor. Mereka mengerti," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Orang di Ruang Ganti Paling Mengerti Sepak Bola

"Orang-orang yang mengerti sepak bola, itu, 99% adalah orang-orang yang ada di ruang ganti. Mereka tahu bagaimana menghadapi para pemain. Mereka adalah orang-orang yang mengerti hal-hal ini," ujar Ronaldo.

"Jadi saya percaya bahwa Ruud akan membantu karena dia ada di dalam klub. Dia tahu klub. Dia tahu para penggemar. Jika pelatih mendengarkannya, saya rasa mereka dapat sedikit meningkatkan klub."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.