Sukses

Audisi Umum PB Djarum 2024: Debby Susanto-Maria Kristin Terkesan Antusiasme Peserta

Mantan pebulu tangkis legendaris Indonesia Debby Susanto dan Maria Kristin terkesan dengan antusiasme peserta yang mengikuti Audisi Umum PB Djarum 2024 di GOR Djarum, Jati, Kudus sejak Selasa (10/9/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Mantan pebulu tangkis legendaris Indonesia Debby Susanto dan Maria Kristin terkesan dengan antusiasme peserta yang mengikuti Audisi Umum PB Djarum 2024 di GOR Djarum, Jati, Kudus, mulai Selasa (10/9/2024) hingga Sabtu (14/9/2024).

Selain karena jumlahnya yang memang meningkat dibanding penyelenggaraan tahun sebelumnya, eks atlet badminton Tanah Air juga menyoroti banyaknya peserta putri serta masifnya dukungan yang diberikan orang tua bagi anak-anak mereka.

"Saya lumayan sering ikut audisi sebagai pencari bakat gitu, untuk tahun ini memang usia yang dicari jauh lebih kecil. Senang sih (pesertanya) bisa sebanyak itu dan ternyata masih banyak orang tua yang support dan senang anaknya bisa main bulu tangkis," ucap Maria Kristin.

"Cukup seneng dan bangga juga dengan melihat jumlah peserta yang cukup banyak, terutama pemain perempuannya" sambung peraih medali perunggu Olimpiade Beijing 2008 saat diwawancarai awak media selepas meet and greet dengan peserta Audisi Umum PB Djarum 2024 di GOR Djarum Jati, Kudus, Kamis (12/9/2024).

Selaras dengan pernyataan tersebut, eks pemain ganda campuran berprestasi Debby Susanto juga mengaku terkesan dengan potensi para peserta. Pasalnya meski masih di usia belia, sebagian dari mereka nampak sudah memiliki kemampuan teknik yang bagus.

"Banyak yang masih kecil, tetapi tekniknya sudah bagus. Sampai tadi kita (Debby dan Maria Kristin) ngobrol, mungkin kita di umur segitu belum bisa seperti itu. Jadi ya seneng sih melihatnya," ucap Debby kepada awak media.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kriteria Maria Kristin dan Debby Susanto

Sementara itu terkait kriteria, Maria Kristin dan Debby Susanto kompak menganggap aspek teknis bukan satu-satunya modal yang diperlukan para peserta Audisi Umum PB Djarum 2024. Keduanya menyebut daya juang juga jadi faktor penting yang harus dimiliki pemain agar lolos seleksi.

"Kalau saya sih mungkin melihat pemain putri dari segi teknik pasti, (seperti) footwork-nya. Lalu sebenernya paling penting daya juang di lapangan. Karena sekarang pun, kalau dilihat di lapangan sudah ngoyo, nanti makin dia besar harus tetep bisa dijaga. Kalau dari kecil saja udah tidak kelihatan daya juangnya, nanti agak susah ke depannya," tutur Maria Kristin.

"Tentu kita lihat kriteria (teknik) dulu karena (kalau kurang bagus), takutnya ngejar ke atasnya lama. Jadi (yang dipilih) kalau tekniknya sudah keliatan atau ada potensi, footwork-nya sudah bener, dan ada daya juangnya. Karena kalau dia menunjukkan daya juang bagus, berarti mentalnya bagus, jadi lebih gampang untuk diasah," timpal Debby

3 dari 3 halaman

Jumlah Peserta Meningkat Signifikan

Sekadar informasi, Audisi Umum PB Djarum 2024 diikuti oleh total 1.966 peserta, dengan rincian 1.383 putra dan 583 putri dari berbagai provinsi di penjuru Tanah Air.

Angka ini melejit signifikan jika dibandingkan dengan peserta Audisi Umum PB Djarum tahun lalu yang "hanya" menyentuh angka 1.529.

Secara spesifik, jumlah peserta putri juga diklaim meningkat ketimbang edisi lalu. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Koordinator Tim Pencari Bakat Atlet Putri Yuni Kartika dalam jumpa pers di GOR Djarum, Jati, Kudus pada Rabu (11/9/2024) kemarin.

"Audisi ini lebih menggembirakan bagi putri, karena tentu secara jumlah ini rekor, tetapi secara pembagian putra dan putri kali ini tidak jomplang sekali, tidak terlalu parah, kita tidak sampai 3 kalinya (lebih sedikit dibanding peserta putra), hanya sekitar 2 kalinya," ucap Yuni Kartika dalam jumpa pers di GOR Djarum Jati, Rabu (11/9/2024) siang WIB.

"Ini positif bagi putri, karena memang kita cari bibit yang kecil ya, jadi kita butuh banyak supaya roda persaingan bisa berjalan dengan baik. Secara kualitas memang belum excellent, tetapi tidak apa-apa, ini kan proses," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.