Sukses

Imbangi Arab Saudi dan Australia, Manajer Timnas Indonesia Optimistis Raih Poin saat Lawan Bahrain-China

Manajer Timnas Indonesia sekaligus Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji optimistis skuad Garuda mampu meraup poin tambahan saat menantang Bahrain dan China dalam lanjutan putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia pada Oktober mendatang.

Liputan6.com, Jakarta Manajer Timnas Indonesia sekaligus Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji optimistis skuad Garuda bakal meraup tambahan poin saat menantang Bahrain dan China dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran 3, Oktober mendatang.

Seperti diketahui, skuad racikan Shin Tae-yong sebelumnya baru saja melewati dua laga perdana di grup C ronde 3 FIFA World Cup 2026 Qualifiers kontra Arab Saudi, Jumat (6/9/2024) dini hari WIB, serta Australia pada Selasa (10/9/2024).

Jay Idzes dan kawan-kawan sanggup memaksakan hasil imbang di kedua pertandingan, sehingga mengantar mereka kini menduduki peringkat 4 klasemen sementara dengan perolehan 2 poin dari 2 laga.

Sumardji selaku manajer tim sekaligus Ketua BTN PSSI pun mengapresiasi kinerja Jay Idzes dan kawan-kawan di dua laga sebelumnya. Walau begitu, dia tak menampik masih ada beberapa evaluasi yang patut diperbaiki skuad Garuda jelang menatap duel tandang selanjutnya.

Adapun Timnas Indonesia dijadwalkan bertamu ke markas Bahrain di Bahrain National Stadium pada 10 Oktober 2024 mendatang. Setelahnya, pasukan Merah Putih akan langsung bertolak ke China untuk berduel dengan tuan rumah di Qingdao Youth Football Stadium 5 hari berselang.

"Alhamdulillah, kita berhasil meraih poin penting melawan Australia. Kita ketahui bersama Australia merupakan tim kuat di Asia dan langganan bermain di Piala Dunia. Pemain telah berjuang, kerja keras, dan bermain disiplin," kata Sumardji, dinukil dari situs resmi PSSI.

"Meski begitu, tentu ada evaluasi dari pelatih Shin Tae-yong terkait hasil melawan Australia dan sebelumnya melawan Arab Saudi (1-1) agar mendapat hasil positif pada laga selanjutnya," tambah dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Optimistis Raih Poin di Laga Selanjutnya

Terlepas dari adanya evaluasi, Sumardji optimistis dengan prospek Timnas Indonesia mendapat tambahan poin di kandang Bahrain serta China.

Apalagi skuad Garuda saat ini punya waktu sekitar satu bulan untuk kembali mengasah diri jelang menatap lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 bulan depan.

Melansir situs resmi PSSI, saat ini seluruh pemain Timnas Indonesia telah kembali ke klub masing-masing. Mereka pun diharapkan mampu menjaga kondisi serta terhindar dari cedera agar tampil prima pada 10 dan 15 Oktober mendatang.

"Dengan torehan dua poin dari dua pertandingan awal ini membuat seluruh pemain makin termotivasi meraih hasil terbaik. Kita optimistis untuk pertandingan selanjutnya melawan Bahrain dan China, timnas Indonesia mampu meraih poin," kata Sumardji menambahkan.

3 dari 3 halaman

Jadwal dan Hasil Timnas Indonesia di Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

6 September 2024

Arab Saudi 1-1 Timnas Indonesia

10 September 2024

Timnas Indonesia 0-0 Australia

10 Oktober 2024

23.00 WIB: Bahrain vs Timnas Indonesia

15 Oktober 2024

1.00 WIB China vs Timnas Indonesia

15 November 2024

Timnas Indonesia vs Jepang

19 November 2024

Timnas Indonesia vs Arab Saudi

20 Maret 2025

Australia vs Timnas Indonesia

25 Maret 2025

Timnas Indonesia vs Bahrain

5 Juni 2025

Timnas Indonesia vs China

10 Juni 2025

Jepang vs Timnas Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.