Sukses

Dirujak di Timnas Belanda, Erik ten Hag Pasang Badan buat Bek Anyar Manchester United

Pelatih Manchester United Erik ten Hag pasang badan buat Matthijs de Ligt yang dikritik oleh juru taktik serta rekannya di Timnas Belanda, menyusul blundernya saat melakoni laga UEFA Nations League dalam jeda internasional.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Manchester United Erik ten Hag buru-buru pasang badan buat bek barunya, Matthijs de Ligt. Hal itu setelah pemain asal Belanda 'dirujak' dengan kritikan oleh pelatih serta rekannya di tim nasional, menyusul penampilan yang kurang memuaskan sepajang jeda internasional.

Seperti diketahui, De Ligt sebelumnya dipanggil memperkuat Oranje dalam laga UEFA Nations League. Akan tetapi, dia membuat sejumlah blunder fatal ketika timnya menang atas Bosnia dan Herzegovina serta ditahan imbang Jerman.

Pelatih Ronald Koeman sampai menarik dia keluar saat halftime melawan Die Mannschaft untuk digantikan dengan Jan Paul van Hecke. Juru taktik asal Belanda juga menyoroti kesalahannya, dengan mengatakan bahwa blunder tersebut merupakan momen buruk yang harusnya tak dilakukan oleh seorang bek.

"Itu adalah momen buruk individual dari seorang bek. Jelas bahwa dia perlu meningkatkan permainannya," ujar Koeman kala itu, sebagaimana dinukil dari Metro.

"Tentu saja saya lebih suka dia (Matthijs de Ligt) tetap bermain di lapangan. Namun, sepertinya, sekarang dia ada dalam periode di mana semua kesalahannya bakal mendapat hukuman," sambung pria berusia 61 tahun.

Rekan sesama bek tengah De Ligt sekaligus kapten Timnas Belanda Birgil van Dijk malah melontarkan komentar lebih pedas ketimbang Koeman. Dia menegaskan pemain baru Manchester United harus benar-benar belajar jika tak ingin disanksi akibat kesalahannya.

"Ini sepak bola, Anda harus belajar dari ini. Memang hanya satu momen (blunder), tetapi di level tertinggi, Anda akan mendapat sanksi akibat hal tersebut," ujar Van Dijk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Erik ten Hag Pasang Badan

Pelatih Manchester United Erik ten Hag yang baru saja merekrut Matthijs de Ligt dari Bayern Munchen di bursa transfer musimm panas 2024 lantas buka suara menanggapi kritikan terhadap sang pemain.

Dia menyebut pertandingan Timnas Belanda di UEFA Champions League kala itu memang bukan urusannya, tetapi Ten Hag mengaku optimistis bakal segera melihat kualitas De Ligt sebagai pemain MU.

"Saya kenal Matthijs, dia orang yang hebat, dia punya karakter. Dia akan mengatasi hal ini dan dia akan bangkit dari situasi tersebut, di skuad Belanda," tutur Ten Hag selepas pertandingan melawna Southampton.

"Tentu saja ini bukan situasi klub, jadi saya tidak khawatir dengan situasi ini. Saya tahu kualitas dia, saya tahu kepribadiannya, dan saya tahu dia akan berjuang untuk bangkit."

3 dari 5 halaman

Belum Panas

Lebih lanjut, Erik ten Hag juga menyiratkan Matthijs de Ligt belum begitu panas di pertandingan awal sebab dia melewatkan sesi pramusim. Sang penggawa sebelumnya masih minim bermain, sehingga pelatih MU menilai wajar jika dia masih belum menemukan ritme yang pas ketika memperkuat Timnas Belanda.

"Dia (Matthijs de Ligt) sempat melewatkan pramusim yang sulit karena tidak bermain. Satu-satunya pertadingan yang benar-benar dia mainkan sejak awal adalah laga terakhir melawan Liverpool," kata Ten Hag lagi.

"Tanpa hal itu, dia harus bermain sebagai starter di skuad Timnas Belanda. Jadi tentu saja, ia belum menemukan ritme yang tepat, belum ada dalam kecepatan penuh. Tetapi ketika dia tancap gas, saat dia sudah menemukan ritmenya, Anda akan lihat kualitas yang berbeda," pungkas pelatih MU.

4 dari 5 halaman

MU Balik ke Jalur Kemenangan

Sementara itu di level klub, Matthijs de Ligt baru saja membawa MU kembali ke jalur kemenangan. Dia bahkan mencetak gol pembuka ketika Setan Merah menang 3-0 atas tuan rumah Southampton di pekan keempat Liga Inggris pada Sabtu (14/9/2024).

Berkat hasil tersebut, MU kini naik ke peringkat 10 klasemen sementara Premier League dengan perolehan 6 poin dari 4 pertandingan.

Skuad racikan Erik ten Hag tercatat sudah mengemas 2 kemenangan dan 2 kekalahan, dengan mereka selanjutnya bakal kembali melakoni partai tandang kontra Crystal Palace di pekan kelima pada Sabtu (21/9/2024) pukul 23.30 WIB.

5 dari 5 halaman

Posisi MU di Premier League 2024/2025

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.