Sukses

Kopi Lokal Jadi Primadona di PON Aceh-Sumut 2024

Bubuk Kopi dari Gayo, Aceh, dan Sidikalang, Sumatera Utara, terpilih sebagai oleh-oleh favorit di Pekan Olahraga Nasional PON 2024. Dengan aroma khas dan rasa yang unik, kopi ini jadi primadona di kalangan tamu yang datang.

Liputan6.com, Jakarta - Bubuk Kopi dari Gayo, Aceh, dan Sidikalang, Sumatera Utara, terpilih sebagai oleh-oleh favorit di Pekan Olahraga Nasional PON 2024. Dengan aroma khas dan rasa yang unik, kopi ini jadi primadona di kalangan tamu yang datang.

Budiman Kasan, pemilik toko oleh-oleh Kopi Kasan di Kota Medan, merasa sangat senang karena dagangannya laris.

“Rasanya luar biasa melihat kopi kami dipilih oleh tamu-tamu dari Jakarta untuk dibawa pulang. Mereka membeli kopi kami sebagai buah tangan untuk kolega dan teman-teman mereka,” ujar Budiman.

"PON ini memberi pengaruh positif bagi kami para UMKM selaku pelaku bisnis oleh-oleh khas Medan," sambungnya.

Selain kopi premium Aceh Gayo dan Sidikalang, Budiman juga memperkenalkan dua pilihan bubuk kopi menarik untuk para tamu PON 2024. Bubuk kopi dengan rasa wine (anggur) dan varian tradisional, keduanya dikemas dalam paket 250 gram yang akan memanjakan lidah.

Kopi yang dijual oleh Budiman awalnya berbentuk biji utuh, yang kemudian digiling langsung di tempat dan bisa dilihat langsung untuk memastikan kopi tersebut benar-benar murni tanpa campuran bahan lain.

Pelanggan juga memiliki kebebasan untuk memilih tingkat pemanggangan kopi sesuai selera, baik itu medium roasted ataupun dark roasted.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Varian Kopi

Sementara itu, untuk bubuk kopi tradisional, Budiman sudah menyiapkan dalam bentuk bubuk siap pakai, lengkap dengan campuran mentega dan gula merah yang sudah digiling halus.

Di gerainya, Budiman menawarkan beragam kopi, termasuk kopi Gayo, Sidikalang, Mandailing, Lintong, robusta, wine, dan luwak. Cobalah juga varian terbaru mereka, kopi kayu manis, untuk pengalaman rasa yang unik dan memikat.

"Kopi kayu manis adalah jenis kopi yang telah diolah sedemikian rupa menggunakan kayu manis yang aromatik. Sensasi kopi kombinasi kayu manis ini memberi rasa yang lebih," ungkap dia.

3 dari 3 halaman

Meriahkan Festival UMKM PON Dengan Sampel Kopi Gratis

Farida dari Otodit Kopi menarik perhatian pembeli dengan menawarkan sampel kopi yang bisa dicicipi langsung. Cara ini berhasil membuat banyak pengunjung yang awalnya hanya ingin melihat-lihat, akhirnya memutuskan untuk membeli kopi.

Ini juga terlihat jelas di Festival UMKM PON 2024 yang diadakan di Lapangan Astaka Pancing, Medan. Selain di toko oleh-oleh di Kota Medan, pengunjung festival menunjukkan antusiasme yang tinggi terhadap kopi khas Aceh dan Sumut.

“Datanglah ke sini, tonton pertandingannya dan beli jajanan UMKM-nya. Kita harus bangga menyukseskan acara besar ini,” kata dia menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.