Sukses

Tanggapi Isu Naturalisasi Mauro Zijlstra ke Timnas Indonesia, Ketum PSSI: Belum Salaman

Ketua Umum PSSI Erick Thohir masih enggan mengonfirmasi prospek naturalisasi pemain keturunan Mauro Zijlstra lantaran dia belum bersalaman dengan pihak terkait.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI Erick Thohir buka suara menanggapi isu naturalisasi pemain keturunan Mauro Zijlstra ke Timnas Indonesia. Pria yang merangkap sebagai Menteri BUMN itu masih enggan membenarkan spekulasi yang beredar sebab dia belum bersalaman dengan sang pemain.

Sekadar informasi, nama Mauro Zijlstra memang cukup ramai menjadi buah bibir dalam beberapa waktu terakhir. Hal itu lantaran dia pernah melempar kode ingin segera bergabung dengan Timnas Indonesia.

Dalam wawancara di kanal YouTube Yussa Nugraha, pemuda berusia 19 tahun terang-terangan mengakui sudah mulai berkontak dengan PSSI. Pihak federasi diklaim tengah memeriksa semua dokumen, sehingga Zijlstra kini tinggal menunggu sinyal positif dari mereka.

Kehadiran Mauro Zijlstra pun dianggap bisa menjadi solusi bagi lini depan Timnas Indonesia yang sering mandek. Pasalnya, penggawa kelahiran 2004 itu secara natural memang berposisi sebagai striker, dengan dia tercatat sudah mengoleksi 2 gol dan 1 assists dari 2 penampilan untuk FC Volendam U-21 di kompetisi U-21 Divisie 2.

Kendati begitu, Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI belum bisa memberi konfirmasi mengenai prospek naturalisasi Zijlstra. Hal itu mengingat belum ada momen bersalaman di antara kedua pihak, yang selama ini selalu menjadi sinyal pasti dimulainya proses naturalisasi pemain keturunan.

"(Soal Mauro) saya belum salaman, jadi saya tidak bisa bilang pemain yang bergabung itu dengan nama yang tepat kalau kita belum ada administrasinya," ucap Erick Thohir dalam konferensi pers di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Sabtu (21/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Belum Ada Nama Baru untuk Timnas Senior

Lebih lanjut, Ketum PSSI juga menegaskan hingga sekarang belum ada tambahan nama baru yang pasti dinaturalisasi dalam waktu dekat untuk memperkuat timnas senior.

Hanya timnas putri yang sementara sudah punya daftar amunisi tambahan, dengan dia memastikan seluruh proses dibuat selaras aturan negara serta FIFA.

"Sampai hari ini di timnas senior belum ada nama lain. Kalau di putri ada. Itu pun kita harus bicara kepada pemerintah, baik dari Pak Menpora (Dito Ariotedjo) maupun Pak Supratman (Menkumham) untuk memastikan ini semua sesuai dengan aturan negara kita. Jadi semua kita mengikuti aturan negara kita dan FIFA," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Kejar Naturalisasi Eliano Reijnders dan Mees Hilgers

Sementara itu, terkait progres naturalisasi Eliano Reijnders dan Mees Hilgers, Erick Thohir mengungkap pihaknya saat ini masih mengejar agar duo pemain bisa berstatus WNI tepat waktu dan memperkuat Timnas Indonesia di lanjutan putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Terdekat, skuad Garuda bakal bertandang ke markas Bahrain dan China. Kedua penggawa diharapkan bisa jadi amunisi tambahan saat laga tersebut, meski mereka masih punya beberapa PR selain pengambilan sumpah, mulai dari pergantian federasi hingga pendaftaran.

"Yang pasti (dinaturalisasi) dua (Eliano dan Mees), dan minggu depan ini sangat penting hariannya karena kan ada deadline regisiter, jadi ada proses angkat sumpah, administrasi lainnya, pendaftaran, pergantian asosiasi, ini kan tidak mudah," ujar Erick.

"Jadi kita ada waktu seminggu, kita coba kejar. Mudah-mudahan kalau Mees dan Eliano bisa bergabung, berarti untuk Bahrain dan China kita punya kekuatan tambahan," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.