Sukses

5 Pemain yang Pensiun Dini Akibat Masalah Kebugaran Seperti Raphael Varane

Raphael Varane kabarnya sudah memutuskan gantung sepatu akibat masalah cedera yang terus melandanya. Dengan demikian dia bakal mengakhiri karier profesional di usia 31 tahun, yang sekaligus menambah panjang daftar pemain yang pensiun dini akibat masalah kebugaran.

Liputan6.com, Jakarta- Nama Raphael Varane tengah menjadi sorotan lantaran baru saja memutuskan pensiun dini dari dunia sepak bola. Eks bintang Real Madrid dan Manchester United itu dilanda cedera, sehingga mendorong dia gantung sepatu lebih cepat.

Sekadar informasi, Varane sejatinya baru saja hijrah dari Old Trafford pada musim panas kemarin. Dia dilepas dengan status bebas transfer lantaran kontraknya dengan MU memang sudah berakhir per Juni 2024.

Pria asal Prancis lantas berlabuh di klub milik pengusaha Indonesia, Hartono Bersaudara, Como 1907. Kebetulan mereka baru promosi ke Serie A musim 2024/2025, sehingga membuka ruang buat Varane tetap bermain di kompetisi kasta tinggi.

Sayangnya, belum sempat merumput di Liga Italia, Raphael Varane sudah dilanda cedera. Dia semula diturunkan sebagai starter di pertandingan Coppa Italia melawan Sampdoria pada 12 Agustus, tetapi cuma merumput selama 23 menit.

Mantan bek Real Madrid terpaksa ditarik keluar lapangan buntut dari masalah kaki. Sang pemain awalnya diperkirakan hanya akan absen sebulan, tetapi pemeriksaan menyeluruh justru menunjukkan cedera yang dia diderita jauh lebih serius.

Buntut dari situasi ini, pria 31 tahun telah memutuskan bakal gantung sepatu pada 25 September 2024.

Dengan diambilnya pilihan tersebut, Raphael Varane bakal menambah panjang daftar pemain sepak bola yang gantung sepatu akibat sakit dan cedera. Sebelum eks bintang MU, sudah ada beberapa nama yang pensiun dini sebagai buntut dari masalah kesehatan. Simak ulasan 5 di antaranya pada halaman berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Sergio Aguero (33 Tahun)

Mantan rekan setim Lionel Messi di Timnas Argentina, Sergio Aguero, gantung sepatu pada akhir 2021 di usia 33 tahun. Pilihan tersebut dia ambil lantaran mengalami masalah jantung.

Laporan menyebut, pemain yang bergabung dengan Barcelona pada Juli 2021 usai hijrah sebagai agen bebas dari Manchester City itu mengalami cardiac arrhythmia atau gangguan irama jantung.

Masalah tersebut bahkan baru diketahui sang pemain ketika Barcelona bermain imbang 1-1 dengan Alaves pada November 2021 silam. Aguero kala itu merasakan nyeri pada bagian dadanya, yang membuat dia segera dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat penanganan.

Terlepas dari pilihan tersebut, Sergio Aguero sukses mengakhiri karier profesionalnya dengan torehan gemilang, yang utamanya diraih bersama Manchester City. Beberapa di antaranya termasuk trofi 5 Liga Inggris, 6 Piala Liga, serta 1 Piala FA.

3 dari 6 halaman

2. Marco van Basten (28 Tahun)

Eks pemain asal Belanda Marco van Basten gantung sepatu di usia yang sejatinya masih tergolong sebagai periode emas pemain sepak bola. Dia pensiun pada 1995, ketika umurnya baru menginjak 28 tahun.

Padahal Van Basten sedianya dikenal sebagai salah satu penyerang paling haus gol di dunia, terutama selama masa kejayaannya di era 1980 hingga 1990-an.

Dia tercatat mampu mengoleksi total 277 gol dan 86 assists dari 373 penampilan lintas ajang sepanjang karier profesionalnya di klub-klub, sebagaimana dinukil dari Transfermarkt.

Pada level individu, pria asal Belanda itu juga mampu mengoleksi 3 trofi Ballon d'Or, yakni di edisi 1988, 1989, dan 1992. Sayangnya, cedera ankle (pergelangan kaki) parah memaksa Van Basten mengakhiri kiprahnya sebagai pemain sepak bola lebih cepat.

4 dari 6 halaman

3. Owen Hargreaves (31 Tahun)

Owen Hargreaves terkenal berkat kiprahnya di Bayern Munchen dan Manchester United. Gelandang kelahiran 20 Januari 1981 tercatat tampil dalam 218 pertandingan lintas ajang untuk klub raksasa Jerman, disertai kontribusi 10 gol dan 26 assists.

Sementara itu di MU, dia cuma tampil 39 kali dengan catatan 2 gol dan 2 assists. Masalah kebugaran terus-menerus melanda Hargreaves sepanjang menjalani karier 4 tahun di Old Trafford, sehingga dia tak bisa memberi kontribusi sebanyak saat masih memperkuat Bayern Munchen.

Owen Hargreaves sempat pindah sebentar ke Manchester City dari periode 2011 hingga 2012. Namun, dia pada akhirnya memilih pensiun pada Juli 2012 akibat cedera lutut yang berkepanjangan dan terus menghantui.

5 dari 6 halaman

4. Fabrice Muamba (24 Tahun)

Fabrice Muamba pensiun dari dunia sepak bola pada 15 Agustus 2012 di usia 24 tahun. Keputusan itu diambil usai dia mengalami serangan jantung ketika memperkuat Bolton Wanderes dalam laga Piala FA melawan Tottenham Hotspur.

Dokter memvonis Muamba harus berhenti bermain sepak bola secara total akibat kejadian itu. Pria kelahiran 6 April 1988 juga sempat menjalani proses operasi dan pemulihan cukup lama.

Adapun Bolton menjadi klub terakhir Fabrice Muamba sebelum mengakhiri karier sepak bolanya. Dia tercatat telah turun dalam 148 penampilan lintas ajang bersama tim tersebut, dengan torehan 4 gol dan 5 assists.

6 dari 6 halaman

5. Sebastian Deisler (27 Tahun)

Sebastian Deisler pensiun di usia cukup muda, yakni 27 tahun. Cedera berulang memaksa eks pesepak bola asal Jerman itu gantung sepatu lebih cepat.

Padahal, Deisler diyakini bisa menjadi bintang besar di posisi winger. Dia juga sudah pernah merengkuh sejumlah prestasi bersama Bayern Munchen dan Hertha Berlin termasuk 3 gelar Bundesliga serta masing-masing 1 trofi German League Cup.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.