Sukses

Siapa Diunggulkan Menang di UFC 309, Jon Jones atau Stipe Miocic?

Pertandingan akbar antara dua petarung kelas berat Jon Jones melawan Stipe Miocic akan digelar pada Sabtu (16/11/2024) waktu setempat. Laga perebutan sabuk kelas berat ini akan dilaksanakan di Madison Square Garden, New York, Amerika Serikat.

Liputan6.com, Jakarta - Pertandingan akbar antara dua petarung kelas berat Jon Jones melawan Stipe Miocic akan terjadi  UFC 309 yang digelar pada Sabtu (16/11/2024) waktu setempat. Laga perebutan sabuk kelas berat ini akan dilaksanakan di Madison Square Garden, New York, Amerika Serikat. 

Melansir ESPN, 3 jurnalis MMA berikan prediksi jelang pertarungan antara dua petarung terbaik di UFC tersebut. Ada Brett Okamoto, Andreas Hale, dan Jeff Wagenheim. Para jurnalis menanggapi perihal kesiapan masing-masing petarung dengan situasi yang dihadapi.

Jon Jones sempat dikabarkan mengalami cedera otot dada yang membuatnya harus menepi sejenak dari Mixed Martial Arts (MMA). Sementara itu, Stipe Miocic sudah tidak bertanding sejak 2021. Pertandingan terakhirnya adalah saat mempertahankan sabuk kelas berat dan kalah KO dari Francis Ngannou.

Salah satu pertanyaan yang ditanyakan adalah rintangan kedua petarung mendekati pertandingan. Ketiga jurnalis ditanyai siapa yang lebih sulit untuk mempersiapkan diri, antara Jones atau Miocic.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Okamoto, Hale, dan Wagenheim Sepakat Miocic Lebih Sulit Persiapkan Diri Dalam Pertandingan Utama UFC 309

Ketika ditanyakan mengenai kesulitan para petarung, ketiga jurnalis sepakat bahwa Stipe Miocic lebih sulit mempersiapkan dirinya ketimbang Jon Jones. Mereka menyoroti usia petarung asal Amerika Serikat tersebut yang terbilang sudah tua.

Saat ini, usia Miocic adalah 42 tahun. Ketika seorang petarung memasuki usia tersebut, umumnya mereka sudah memasuki masa pensiun dan hal ini yang menjadi perhatian utama Brett Okamoto.

“Miocic sudah berusia 42 tahun dan katakan saja bahwa pada dasarnya, ia adalah seorang pensiunan yang akan bertanding melawan petarung terbaik sepanjang masa,” ujar Okamoto.

Selaras dengan pernyataan Okamoto, Jeff Wagenheim mengatakan bahwa mantan juara kelas berat ini sudah tidak aktif sejak sangat lama sehingga ini berpengaruh terhadap performanya.

“Jawabanku jatuh kepada Miocic. Ia sudah lama tidak bertarung sejak akhir usia 30-an hingga memasuki awal usia 40-an,” katanya.

Selain usia, Andreas Hale berikan tanggapan yang berfokus pada kemenangan terakhir yang didapatkan Miocic. Tercatat bahwa ia terakhir kali menang melawan Daniel Cormier di tahun 2020 silam.

“Meminta petarung untuk kembali setelah hampir 4 tahun tidak bertarung memanglah menantang. Akan tetapi, melakukan hal ini di usia 40-an dan melawan petarung terbaik sepanjang masa? Bagiku, semoga beruntung,” tanggapnya.

3 dari 3 halaman

Selain Jones Vs Miocic, Charles Oliveira dan Michael Chandler Ikut Ramaikan UFC 309 di Co-Main Event

UFC 309 juga akan suguhkan pertarungan fantastis yang mempertemukan Charles Oliveira dan Michael Chandler. Kedua petarung kelas ringan ini akan mengisi posisi co-main event, tepat sebelum Jones vs Miocic.

Charles “Do Bronx” Oliveira saat ini berada di urutan ketiga klasemen petarung kelas ringan UFC. Sementara itu, “Iron” Michael Chandler berada pada posisi keenam. Pertemuan kedua bintang besar kelas ringan ini menjadi pertarungan kedua kalinya untuk masing-masing petarung.

Pertemuan pertama mereka terjadi pada saat UFC 262 di Toyota Center, Houston, Texas. Saat itu, Oliveira berhasil menang TKO atas Chandler di ronde kedua. 

Munculnya pertarungan ini diawali dengan batalnya pertarungan yang mempertemukan Michael Chandler dengan salah satu figur paling terkenal di UFC, yaitu Conor McGregor. Hal tersebut terjadi lantaran cedera kaki yang dialami oleh McGregor pada saat sesi latihan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.