Sukses

Biang Kerok Manchester United Batal Rekrut Striker Subur Inggris

Manchester United mengurungkan niat membeli striker subur Inggris sebelum akhirnya berpaling ke Zirkzee. Apa penyebabnya?

Liputan6.com, Jakarta- Di bursa transfer musim panas 2024, Manchester United berburu striker haus gol. MU sangat butuh kehadiran penyerang baru untuk menjadi pengganti Anthony Martial yang dibuang saat kontraknya habis pada 30 Juni 2024.

Penyerang baru amat diperlukan karena juga untuk menjadi pesaing sekaligus pelapis bagi Rasmus Hojlund. Pada akhirnya MU menjatuhkan pilihan kepada Joshua Zirkzee dari Bologna. Pemain asal Belanda itu direkrut dengan mahar 36,5 juta poundsterling.

Sebelum Zirkzee diboyong ke Old Trafford, MU rupanya sempat menginginkan striker subur timnas Inggris Ivan Toney dari Brentford. Toney begitu menarik perhatian MU setelah tampil menawan bersama Brentford. Toney membuat 72 gol dan 23 assists dari 141 penampilan.

Kebetulan kontrak Toney bersama Brentford akan habis Juni 2025. MU pun berharap bisa merekrutnya dengan gratis. Namun Brentford tetap mematok bandrol tinggi. Mereka menginginkan 40 juta poundsterling untuk perekrutan Toney.

MU akhirnya mundur dari perburuan Toney. Selain bandrol mahal, menurut laporan ESPN, MU membatalkan perekrutan Toney karena manajer Erik ten Hag.

Toney tidak dianggap paling cocok dengan sistem permainan yang diterapkan Erik Ten Hag. Pria asal Belanda itu menginginkan para penyerangnya untuk menekan dengan penuh semangat sejak dari depan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

MU Beli Zirkzee

Pada akhirnya Ten Hag lebih memilih merekrut Zirkzee. Apalagi ada faktor koneksi sesama orang Belanda. Zirkzee sayangnya kurang tajam. Eks pemain Bayern Munchen tersebut baru membuat satu gol untuk MU hingga akhir September 2024 ini.

Gagal direkrut MU, Toney akhirnya malah berlabuh di Arab Saudi. Toney direkrut oleh Al Ahli dengan biaya transfer mencapai 40 juta poundsterling. Toney juga mendapatkan gaji besar 400.000 pound per pekan di Arab Saudi.

3 dari 4 halaman

KKN Ala Ten Hag di Manchester United

Ten Hag sendiri dikenal memang memprioritaskan merekrut pemain-pemain yang sudah dikenalnya atau pemain dari Belanda. Selain Zirkzee, di skuad MU saat ini ada Matthijs de Ligt dan Tyrell Malacia yang juga berasal dari Belanda.

Sedangkan pemain-pemain yang sebelumnya pernah dilatih Ten Hag dan kini bermain juga di Old Trafford antara lain De Ligt, Noussair Mazraoui, Andre Onana, Antony hingga Lisandro Martinez.

4 dari 4 halaman

Klasemen Liga Inggris

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini