Sukses

Deretan Fakta Menarik Jelang MotoGP Indonesia 2024 di Mandalika: Ducati dan Francesco Bagnaia Bidik Rekor

MotoGP Indonesia 2024 berlangsung di Sirkuit Mandalika, 27-29 September. Ini adalah seri ke-15 pada persaingan 2024.

Liputan6.com, Jakarta - MotoGP Indonesia 2024 berlangsung di Sirkuit Mandalika, 27-29 September. Ini adalah seri ke-15 pada persaingan 2024.

Ajang nanti melanjutkan marathon tiga balapan beruntun yang akan berlangsung dua kali di penghujung musim ini. Pekan lalu bergulir MotoGP Emilia Romagna yang menggantikan lomba di Kazakhstan. 

Duo Ducati Lenovo Francesco Bagnaia (sprint race) dan Enea Bastianini (main race) menunjukkan dominasi dengan menempati podium tertinggi pada dua balapan.

Sukses keduanya mempertegas dominasi Ducati pada musim ini. Dari 13 seri yang sudah berlangsung, hanya satu yang lepas ke pabrikan lain. Momen langka tersebut hadir di Amerika Serikat ketika Maverick Vinales (Aprilia) berjaya.

Hal serupa turut hadir di balapan setengah jarak alias sprint race. Sebelas lomba dikuasai rider Ducati, dengan tiga jadi milik duo Aprilia yakni Vinales (Amerika Serikat, Portugal) dan Aleix Espargaro (Catalunya).

Sejak kembali ke kalender Kejuaraan Dunia Balap Motor, MotoGP Indonesia menghadirkan dua balapan berbeda dengan penuh drama. Pada ajang 2022, berlangsung hujan deras yang memuluskan langkah Miguel Oliveira berjaya. Sementara Bagnaia menempati podium edisi 2023 untuk membuka jalan mempertahankan gelar juara dunia.

Sebelum menyaksikan aksi seru pembala kuda besi, berikut fakta mengenai MotoGP Indonesia: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fakta Menarik MotoGP Indonesia

- Ini merupakan tahun ketiga bagi Mandalika untuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Balap Motor sejak memulai debutnya di tahun 2022.

- Sebelum Mandalika, balapan di Indonesia pertama diadakan pada tahun 1996 di Sentul, yang juga menjadi tuan rumah GP pada tahun 1997 untuk kedua dan terakhir kalinya.

- Selain itu, Indonesia juga merupakan salah satu dari delapan negara Asia yang menjadi tuan rumah GP bersama dengan Thailand, Turki, Jepang, Malaysia, China, Qatar, dan India.

 

Sirkuit Internasional Mandalika

Panjang lintasan: 4,3km

Jarak balapan: 27 putaran atau 116,13km

Pemenang MotoGP Indonesia 2023: Francesco Bagnaia (Ducati)

Pole position 2023: Luca Marini (VR46)

Waktu lap tercepat 2023: Luca Marini (1:29,978)

3 dari 3 halaman

Fakta Menarik Lain MotoGP Indonesia

- Terdapat tiga pabrikan yang cukup sukses di Mandalika, yaitu KTM, Ducati, dan Yamaha. Miguel Oliveira memenangkan gelar juara perdana di Mandalika pada 2022, sementara Bagnaia meraih kemenangan setelah melesat dari posisi ke-13 di grid.

- Di sisi lain, ada juga Yamaha yang telah naik podium di Mandalika dua kali, keduanya berkat Fabio Quartataro yang finis P2 pada tahun 2022 dan di P3 pada tahun 2023.

- Fakta menarik lainnya, Pedro Acosta (GASGAS Tech3) akan berusia 20 tahun dan 127 hari pada Minggu (29/9/2024). Jika ia menang, ia akan menjadi pemenang kelas utama termuda kedua setelah Marc Marquez (20 tahun 63 hari di Austin pada tahun 2013).

- Jika Ducati menang, ini akan menjadi kemenangan ke-12 mereka berturut-turut, yang akan membuat rekor pribadi baru untuk pabrikan asal Bologna tersebut.

- Lebih lanjut, jika Bagnaia menang, itu akan menjadi kemenangan kedelapannya pada tahun 2024, menjadikannya musim kelas utama terbaiknya dalam hal kemenangan.

- Pembalap terakhir yang memenangkan delapan balapan atau lebih dalam satu musim MotoGP adalah Marc Marquez dengan 12 kemenangan pada tahun 2019.

- Hanya Marc Marquez, Valentino Rossi, Casey Stoner, dan Jorge Lorenzo yang telah memenangkan delapan balapan MotoGP atau lebih dalam satu musim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.