Sukses

5 Penjualan Termahal Real Madrid di Bursa Transfer: Manchester United Langganan Beli

Tak hanya menjadi klub tujuan favorit para bintang, Real Madrid juga beberapa kali menjual pemain andalannya dengan harga fantastis di bursa transfer. Ada setidaknya 5 pemain yang dilego dengan predikat termahal di klub raksasa LaLiga. Siapa saja mereka?

Liputan6.com, Jakarta Klub raksasa LaLiga Real Madrid tak perlu diragukan lagi reputasinya sebagai salah satu tim tersukses di kancah sepak bola Eropa.

Hal itu terlihat dari keberhasilan mereka merengkuh total 36 trofi LaLiga serta mengoleksi 15 gelar Liga Champions sepanjang sejarah, yang memperkuat predikatnya sebagai tim sangar dunia.

Tak heran jika Los Blancos hingga kini masih jadi salah satu destinasi favorit pemain-pemain papan atas yang ingin pindah klub. Beberapa kali, Real Madrid juga mencatatkan penjualan besar usai melego penggawa mereka yang gemilang di Bernabeu.

Cristiano Ronaldo jadi salah satu nama besar yang dilepas El Real selama beberapa tahun terakhir. Setelah mengecap kesuksesan bersama, CR7 dibiarkan pergi ke Juventus dengan harga fantastis seniali lebih dari 100 juta euro pada 2018 silam.

Selain Ronaldo, ada beberapa nama lagi yang dijual dengan harga mahal oleh Los Blancos. Mayoritas dari mereka pergi ke tim raksasa Premier League, dengan Manchester United jadi salah satu klub langganan.

Termasuk CR7, simak daftar 5 pemain termahal yang dijual Real Madrid, sebagaimana dinukil dari Football Transfers.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Cristiano Ronaldo (117 Juta Euro)

Cristiano Ronaldo menempati urutan teratas dalam daftar penjualan termahal Real Madrid di bursa transfer. Pemain yang jadi salah satu kunci kesuksesan Los Blancos pada era 2010-an itu dilepas seharga 117 juta euro ke Juventus pada 2018.

Menariknya, CR7 ketika itu sudah berusia cukup tua, yakni 33 tahun. Praktis, bisnis ini terbilang menuntungkan buat Real Madrid sebab situs Transfermarkt mencatat dia dibeli seharga 94 juta euro dari Manchester United pada 2009.

Adapun Ronaldo mampu memenangkan 16 penghargaan bersama klub di Spanyol. Dia juga mengoleksi 4 trofi Ballon d'Or sepanjang periode tersebut, mencetak 105 gol Liga Champions, serta 450 gol secara keseluruhan untuk Los Blancos.

CR7 sendiri sempat balik ke MU usai meninggalkan Juventus pada 2021. Sayangnya, dia tak bertahan lama di Old Trafford dan akhirnya resmi pindah ke Al Nassr pada Januari 2023.

3 dari 6 halaman

2. Angel Di Maria (75 Juta Euro)

Angel Di Maria juga merupakan salah satu bintang besar yang pernah dimiliki Los Blancos. Dia sempat dianugerahi penghargaan Man of The Match saat partai final Liga Champions yang menandai pertandinga terakhirya untuk Real Madrid sebelum dijual oleh klub ke Manchester United pada 2014 silam.

Berposisi utama sebagai winger, Di Maria turut dikenal sebagai salah satu mantan pemain andal dan penting bagi Real Madrid. Dia tercatat mampu mengoleksi total 36 gol dan 85 assists dari 190 pertandingan untuk Los Blancos di semua kompetisi.

Kehadiran Toni Kroos dan James Rodriguez pasca Piala Dunia 2014 pada akhirnya membuat Di Maria tergusur, dengan dia dilepas seharga 75 juta euro oleh Madrid ke klub raksasa Liga Inggris.

4 dari 6 halaman

3. Casemiro (70,7 Juta Euro)

Casemiro dijual oleh Real Madrid pada 2022 silam dengan mahar cukup fantastis di angka 70,7 juta euro untuk ukuran pemain yang sudah menginjak kepala 3. Manchester United lagi-lagi jadi klub yang bersedia menampung penggawa mahal Los Blancos di bursa transfer.

Pembelian ini setengah bisa dicap sebagai kesuksesan dan setengah lagi kegagalan oleh Setan Merah. Pasalnya, Casemiro sempat menjadi pemain penting saat musim debutnya bersama Setan Merah, sebelum perlahan merosot dari kasta kekuasaan.

Secara matematis, Los Blancos juga bisa dibilang untung besar dari penjualan Casemiro. Pemain Brasil itu pertama kali tiba di Bernabeu saat masih muda usai didatangkan dari Sao Paulo pada 2013 degan mahar cuma 6 juta euro.

Sembilan tahun mengenakan seragam Madrid, dia berhasil mengoleksi 300 pertandingan lintas ajang serta mengumpulkan 5 gelar Liga Champions, lalu pergi dengan biaya yang di atas 10 kali lipat lebih besar dibanding harga belinya oleh klub raksasa LaLiga.

5 dari 6 halaman

4. Alvaro Morata (66 Juta Euro)

Alvarto Morata dijual seharga 66 juta euro oleh Real Madrid menuju Chelsea ada 2017. Kala itu, Antonio Conte sejatinya ingin merekrut Romelu Lukaku, tetapi The Blues justru memilih Morata sebagai gantinya dan membayar dia dengan biaya begitu mahal.

Football Transfers mencatat Morata mencetak 15 gol liga sepanjang musim 2016/2017 usai sukses di Juventus dan kembali ke Real Madrid. Akan tetapi, dia hanya bermain sebagai starter dalam 14 pertandingan liga dan bukan merupakan pilihan utama, meski rasio golnya cukup mengesankan jika dibandingkan dengan waktu bermainnya.

Morata memperkuat Chelsea takbegitu lama, sebelum kembali ke Spanyol dengan status pinjaman di Atletico Madrid. Dia lantas direkrut secara permanen oleh klub yang sama pada 2020, tetapi pindah klub lagi ke Italia, hingga sekarang akhirnya bermain bersama AC Milan.

6 dari 6 halaman

5. Mesut Ozil (47 Juta Euro)

Mesut Ozil dilepas Real Madrid untuk gabung bersama Arsenal pada 2013 denganmahar senilai 47 juta euro. Kepergiannya kala itu sempat membuat penggemar dan pemain sama-sama frustrasi.

Bintang Cristiano Ronald bahkan pernah mengakui dirinya marah lantaran Mesut Ozil dibiarkan pindah. Pasalnya, dia dicap sebagai salah satu penggawa yang paling paham gerakan CR7 di depan gawang.

Adapun Ozil sendiri semula direkrut Los Blancos dari Werder Bremen seharga 18 juta euro (menurut situs Transfermarkt) setelah tampil mengesankan dalam Piala Dunia 2010.

Walau tak dikenal sebagian orang, pemain yang gantung sepatu pada 2023 itu merupakan salah satu favorit di Bernabeu dan pernah mencatatkan 159 penampilan lintas ajang untuk Los Blancos disertai kontribusi 27 gol serta 81 assists.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.