Sukses

2 Terobosan Baru di MotoGP Mandalika 2024

Ada museum MotoGP di Sirkuit Mandalika. Ini menjadi hiburan terbaru untuk fans yang datang.

Liputan6.com, Jakarta Sirkuit Mandalika untuk ketiga kalinya beruntun dipercaya menggelar balapan MotoGP. Pada edisi 2024, balapan utama akan berlangsung pada Minggu 29 September 2024. Ada dua terobosan baru yang dilakukan panitia untuk para penonton di MotoGP Mandalika 2024.

Chairman Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGPTM) 2024 Troy Warokka mengungkapkan hal baru di tahun ini adalah hadirnya Museum MotoGP yang diberinama Pertamina GP Gallery. Letaknya berada di tengah-tengah paddock dan VIP Deluxe.

Di Museum MotoGP ini, fans bisa melihat-lihat simulasi kecepatan motor pembalap MotoGP, ada juga memorabilia berharga beberapa pembalap top MotoGP seperti Marc Marquez hingga Francesco Bagnaia.

"Pertamina GP Gallery merupakan property baru di kawasan Sirkuit Mandalika. Waktu saya diminta jadi chairman komitmen saya dan tim adalah memberikan banyak hal baru untuk MotoGP 2024. Hal baru itu adalah memberikan banyak pilihan kepada masyarakat selain menonton balapan. Salah satunya GP Galery ini yang menceritakan perjalanan MotoGP dan memajang memorabilia dari beberapa pembalap," ujar Troy.

Memorabilia yang dipajang di Museum MotoGP ini semuanya dipinjamkan oleh Dorna. Lembaga pimpinan ini senang Indonesia bisa mewujudkan Museum MotoGP. Pasalnya banyak negara sempat berencana membuatnya tapi tidak terwujud.

"Tidak seperti museum kebanyakan yg bentuknya gedung. Ini kekinian banget. Saya dapat komentar dari banyak orang ini keren dan bagus. Sekarang semi permanen nanti akan dibuat permanen," sambung Troy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tempat Menonton yang Baru

Satu hal baru lain di MotoGP Mandalika 2024 adalah adanya BRI Lounge yang letaknya di sebelah pos pengamanan. Disana pemandangan untuk menonton balapan dinilai sangat baik. Pemandangan yang tersaji adalah tikungan pertama, tapi bisa memandang jauh sehingga beberapa tikungan juga terlihat.

"Ada juga BRI Lounge yang kita siapkan untuk klien dan stakeholder. Disana view yang paling bagus. Bisa lihat tikungan pertama dan beberapa tikungan lain bisa terlihat jelas dari sana. Ini kita adopsi dari beberapa sirkuit di luar negeri," imbuh Troy.

 

3 dari 3 halaman

Rara Tidak Bertugas di MotoGP Mandalika 2024

Troy Warokka juga memastikan tidak memakai jasa pawang hujan Rara Istiati Wulandari atau biasa dikenal dengan panggilan Mbak Rara pada perhelatan MotoGP 2024 yang akan memainkan balapan puncaknya pada Minggu 29 September 2024.

Rangkaian MotoGP Mandalika 2024 sudah berlangsung sejak Kamis. Dari tiga hari awal ini cuaca di Sirkuit Mandalika panas terik. Namun ramalan cuaca memperkirakan adanya kemungkinan hujan akan turun pada balapan utama pada hari Minggu yang dimulai pukul 15.00 WIB.

"Tidak. Kita manusia berTuhan. Kita serahkan kepada Tuhan. Agaam kita boleh beda tapi kita punya Tuhan masing-masing. Kita minta untuk dibantu. Alhamdulillah rasanya bisa dibantu. Event-evet seperti ini dibantu. Rara tidak," tutur Troy kepada wartawan di Sirkuit Mandlaika, Sabtu (28/9/2024) sore.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.