Sukses

Bawa Timnas Indonesia Tembus Piala Asia U-20, STY Blak-blakan soal Prospek Jens Raven Promosi ke Skuad Senior

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong buka suara terkait prospek promosi striker U-20 Jens Raven ke skuad senior di bawah asuhannya.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong buka suara terkait prospek promosi striker U-20 Jens Raven ke skuad senior di bawah asuhannya. Meski berhasil mengantar Garuda Muda mengunci tiket Piala Asia U-20 2025, Raven dinilai masih terlalu 'mentah' untuk dibawa bergabung dengan timnas senior Indonesia.

Sebagaimana diketahui, pasukan muda Merah Putih memang baru saja memastikan diri lolos ke turnamen level U-20 Asia di China dengan status juara grup.

Anak-anak asuh Indra Sjafri mengemas dua kemenangan dan satu hasil imbang, serta unggul selisih gol dibanding rival terdekatnya Yaman, dalam rangkaian Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 yang digelar di Stadion Madya GBK pada 25 hingga 29 September lalu.

Jens Raven jadi salah satu nama penting di balik kesuksesan Timnas Indonesia U-20 melaju ke putaran final AFC U-20 Asian Cup tahun depan. Hal itu lantaran dia selalu konsisten mencetak gol dalam 3 laga kontra Maladewa, Timor Leste, serta Yaman.

Terlepas dari capaian tersebut, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menilai belum saatnya pemain FC Dordrecht U-21 itu promosi ke skuad senior. Pasalnya, dia dicap masih kurang power jika ingin bermain di tim racikan juru taktik Korea Selatan.

"Segitu saja sangat kurang, masih dibutuhkan power lebih (oleh Jens Raven), dan daya berjuang kalau segitu belum akan pas untuk di timnas senior," ujar STY saat ditemui awak media selepas laga terakhir Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 di Stadion Madya GBK, Minggu (29/9/2024) malam WIB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pendapat Indra Sjafri

Selaras dengan pernyataan Shin Tae-yong, Indra Sjafri juga menilai belum saatnya bagi Jens Raven promosi ke skuad senior. Menurut juru taktik Timnas Indonesia U-20, ada baiknya, sang penggawa dibiarkan matang terlebih dulu di kelompok umur.

"Biarkan buah itu matang di pohonnya dulu. Saya pikir, saya dan Coach Shin akan selalu diskusi tentang bagaimana Timnas Indonesia U-20 dan pemain-pemainnya apakah ada yang bisa direkrut ke U-23 atau senior," ucap Indra Sjafri selepas laga kontra Yaman.

"Untuk saya, itu tergantung kualitas para pemain. Kalau dia berkualitas ya kita senang-senang saja dia bisa main di senior. Tapi kalau menurut saya, mungkin Jens masih harus sabar dulu untuk bisa menembus ke tim senior," tambahnya pada MInggu (29/9/2024) malam WIB.

3 dari 3 halaman

Agenda Timnas Indonesia

Sekadar informasi, skuad senior Timnas Indonesia sendiri sebentar lagi bakal menghadapi agenda penting di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Skuad racikan Shin Tae-yong dijadwalkan melakoni dua partai tandang melawan Bahrain dan China, masing-masing pada 10 Oktober serta 15 Oktober mendatang.

Setelahnya, Timnas Indonesia bakal gantian menjamu Jepang dan Arab Saudi di Tanah Air. Duo pertandingan tersebut dihelat pada pertengahan November 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.