Sukses

Mantan Bek Ungkap Pembicaraan Rahasia dengan Manajer Legendaris Manchester United

Patrice Evra mengklaim Manchester United nyaris mendatangkan Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale pada periode transfer musim panas 2013.

Liputan6.com, Jakarta - Patrice Evra mengklaim Manchester United nyaris mendatangkan Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale pada periode transfer musim panas 2013.

Momen tersebut akhirnya menjadi momen di mana Sir Alex Ferguson mengumumkan kepergiannya dari dunia kepelatihan sepak bola, menutup kariernya dengan manis setelah membawa MU meraih gelar liga ke-20 sepanjang sejarah.

Kala itu, MU masih memiliki daya tarik besar di bursa transfer setelah berhasil merekrut Robin van Persie dari Arsenal setahun sebelumnya. Namun, sejak Ferguson pensiun, mereka belum mampu menjuarai ajang besar lagi.

Bale yang mencetak 26 gol bersama Tottenham Hotspur di musim sebelumnya, akhirnya memilih bergabung dengan Real Madrid pada musim panas yang sama. Dia bergabung dengan Ronaldo di Santiago Bernabeu, meski klub tersebut telah mengalami paceklik gelar Liga Champions selama 11 tahun.

Kehadiran pemain asal Wales itu memberikan dampak signifikan bagi klub. Dengan menyumbangkan 39 gol pada musim perdananya, dia membantu Real Madrid mengakhiri penantian panjang mereka untuk meraih La Decima atau gelar ke-10 klub di ajang Liga Champions.

2 dari 3 halaman

Pengakuan Patrice Evra

Dalam sebuah wawancara pada podcast milik mantan gelandang Chelsea, John Obi Mikel, Evra mengutarakan pernyataan mengejutkan saat membahas kepergian Ferguson.

"Saya tidak menangis, saya hanya terkejut. Alasannya, dua pekan sebelumnya [Ferguson] mengundang saya ke ruang kerjanya. Beliau berkata, 'Patrice, lihat orang-orang itu. Mereka mengira saya akan pensiun. Padahal saya masih akan ada di sini selama 10 tahun ke depan,'" ungkap Evra.

"Kita perlu meraih lebih banyak trofi Liga Champions, dia mengatakan 'Patrice, Cristiano Ronaldo [telah menyetujui] 99 persen untuk kembali, dan Gareth Bale [telah sepakat untuk bergabung]'. Dia memerlukan dana 200 juta poundsterling, namun klub menolak permintaan tersebut." sambungnya, dilansir dari SportsMole.

Ronaldo pergi meninggalkan MU ke Real Madrid dengan nilai transfer dunia tertinggi saat itu sebesar 80 juta poundsterling empat tahun sebelumnya. Sempat beredar spekulasi bahwa ia siap meninggalkan Santiago Bernabeu. 

Namun, megabintang Portugal itu akhirnya memutuskan untuk bertahan. Sementara Bale menandatangani kontrak dengan Los Blancos dalam biaya transfer sebesar 85 juta poundsterling, membentuk salah satu trio penyerang modern terhebat bersama dengan Karim Benzema, yang akhirnya dikenal dengan BBC oleh para penggemar dan media.

3 dari 3 halaman

Alasan Sir Alex Ferguson Mundur?

Keputusan Ferguson untuk pensiun merupakan kejutan besar, diumumkan dua pekan setelah mereka memastikan gelar Liga Primer 2012-13 melalui kemenangan telak 3-0 atas Aston Villa pada akhir April.

Informasi tersebut tersebar beberapa hari menjelang laga kandang terakhir MU musim itu menghadapi Swansea City pada 12 Mei, dimana telah dikonfirmasi bahwa David Moyes akan mengambil alih kendali tim untuk musim berikutnya.

Pernyataan Evra bahwa hanya dua minggu sebelumnya, Ferguson yakin klub akan merekrut Ronaldo dan Bale, namun permintaannya ditolak, bisa jadi menjadi faktor penentu keputusannya untuk mundur.

Saat itu banyak pemain kunci dalam skuad terakhir Ferguson sudah memasuki usia 30 tahun, atau mendekati angka tersebut, seperti Wayne Rooney, Van Persie, Ryan Giggs, Paul Scholes, dan Rio Ferdinand, sehingga proses regenerasi tim perlu segera dilaksanakan.

Pasca penunjukkan Moyes, United hanya melakukan satu perekrutan pada bursa transfer musim panas dengan mendatangkan Marouane Fellaini dari Everton seharga 27,5 juta poundsterling, jauh dari ekspektasi para pendukung yang mengharapkan perombakan besar-besaran.

Video Terkini