Sukses

Pembalap Indonesia Mario Suryo Aji Diharapkan Bisa Tembus MotoGP Beberapa Tahun lagi

Mario Suryo Aji saat ini main di Moto2 dan menjadi tandem bagi pembalap Thailand Somkiat Chantra.

Liputan6.com, Jakarta- Pembalap muda Indonesia Mario Suryo Aji saat ini sedang berjuang di Moto2 pada musim 2024. Bakat besar Mario membuat dua petinggi Honda Team Asia, Hiroshi Aoyama (manajer tim), dan Emanuele Ventura (Chief Crew) melihatnya punya peluang menembus MotoGP beberapa tahun mendatang.

Mario baru musim ini bermain di level Moto2 setelah promosi dari Moto3. Namun Mario Aji masih kesulitan pada musim pertamanya di Moto2. Sejauh ini Mario Aji baru mendapatkan tiga poin saja dan berada di urutan 28 klasemen pembalap Moto2.

Meski masih kesulitan di Moto2, Aoyama yakin seiring berjalannya waktu Mario Aji akan semakin membaik. Hal serupa pernah dialami Honda Team Asia dengan tandemnya Mario saat ini, pembalap Thailand Somkiat Chantra.

Somkiat juga sempat kesulitan di awal kariernya di Moto2 dan butuh waktu satu setengah tahun untuk bisa eksis dan bersaing dalam perburuan gelar juara. Somkiat kini baru saja dipastikan akan promosi ke MotoGP mulai tahun 2025.

Untuk bisa mengikuti jejak Somkiat, Mario harus bisa memperbaiki kelemahannya. Untungnya Aoyama melihat Mario punya bakat besar dan merupakan sosok yang mau bekerja keras agar semakin baik.

“Mario harus terus meningkatkan skill-nya dan harus bisa memperbaiki kelemahannya. Dia selalu mau belajar dan dia selalu bekerja keras untuk lebih baik di Moto2," tutur Aoyama.

"Terkadang dia bisa tepat dalam mengambil sudut di tikungan, namun terkadang dia salah dalam mengambil sudut di tikungan sehingga banyak membuang waktu ketika menikung. Yang seharusnya melambat, terkadang dia kecepatan. Sebenarnya dia mengerti mengenai instruksi dari tim, namun terkadang dia lupa dan melakukan kesalahan."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Belaja dari Chantra

Honda Team Asia yakin bisa membawa Mario Aji semakin membaik di Moto2 belajar dari pengalaman saat mereka mengasah bakat Chantra hingga akhirnya promosi ke MotoGP 2025.

"Saya juga memiliki masalah yang sama dengan Chantra dan itu membutuhkan lebih dari satu musim karena tidak mudah. Tentu saja dengan pengalaman yang sudah kita miliki dengan Chantra kita sekarang kurang lebih mengerti apa yang harus dilakukan," ucap Ventura.

3 dari 3 halaman

Program untuk Mario Aji

Ventura cukup yakin Mario Aji akan bisa semakin membaik dan menguasai motor di kelas Moto2. Hanya masalah waktu saja untuk bisa mengikuti jejak Chantra promosi ke MotoGP.

“Mario membutuhkan waktu minimal satu atau dua musim lagi di Moto2. Dia masih butuh jam terbang untuk menambah pengalamannya dalam menguasai sepeda motornya, juga menguasai setiap trek,” sambung Ventura.

Honda Team Asia akan bekerja keras untuk mengembangkan Mario Aji agar Indonesia bisa memiliki pembalap pertama di kelas MotoGP.

"Kami harus menyiapkan program latihan untuk Mario, termasuk memperbaiki kelemahannya dalam mengambil sudut di tikungan," tegas Ventura.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini