Sukses

Astra Honda Punya Banyak Stok Pembalap untuk Ikuti Jejak Mario Suryo Aji

Astra Honda Motor memiliki banyak pembalap berbakat yang siap mengikuti jejak Mario Suryo Aji mentas di Moto2.

Liputan6.com, Jakarta- Indonesia saat ini memiliki Mario Suryo Aji yang mentas di balapan Moto2. Mario diharapkan bisa terus berkembang dan pada akhirnya menorehkan sejarah menjadi pembalap Indonesia pertama yang bisa membalap di kelas MotoGP.

Mario Suryo Aji merupakan pembalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM). Bila Mario promosi ke MotoGP, Astra Honda sudah punya banyak stok pembalap untuk naik ke Moto2.

Yang paling dekat mengikuti jejak Mario mentas di Moto2 adalah Fadillah Arbi Aditama. Saat ini Arbi berlaga di Moto3.

"Saat ini yang paling dekat naik ke kelas Moto2 menyusul Mario adalah Arby," ujar Manager Motosport AHM Rizky Christanto kepada awak media di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Minggu, (29/9/2024).

Astra Honda Motor terus membina talenta pembalap muda Indonesia untuk berkompetisi di berbagai kelas balap motor dunia. Arbi dan Mario merupakan lulusan Astra Honda Racing School (AHRS) yang saat ini berkompetisi pada kelas balap yang berbeda.

Arbi memulai memulai karir balap internasional di ajang Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) pada musim 2021 saat berusia 15 tahun. Pembalap asal Purworejo, Jawa Tengah, itu saat ini berlaga sebagai pembalap regular di ajang balap International FIM JuniorGP yang berbasis di Eropa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kiprah Arbi

Sebagai satu-satunya pembalap Indonesia yang berjuang di kejuaraan balap tersebut, Arbi berhasil meraih prestasi membanggakan dengan mencetak sejarah sebagai pembalap Indonesia pertama yang berhasil menapaki podium tertinggi saat bersaing di FIM JuniorGP pada 2023 lalu.

Pada ajang Grand Prix Mandalika 2024 di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Nusa Tenggara Barat, selama 27-29 September, Arbi tampil pada kelas FIM Moto3 World Championship 2024 sebagai wildcard.

3 dari 3 halaman

Veda Ega Juga Sudah Disiapkan

Rizky mengatakan, Arbi merupakan pembalap potensial yang dipersiapkan untuk bisa menapaki kelas balap yang lebih tinggi yaitu Moto2. Setelah Arbi, AHM juga masih punya Veda Ega Pratama yang sudah siap untuk melangkah lebih maju.

"Di bawah Arbi ada juga Veda Ega Pratama yang tahun depan akan start lebih kuat di Eropa," imbuhnya.

Rizki berharap dengan penjenjangan karier pembalap yang dilakukan Astra Honda Motor bisa membawa pembalap bertalenta dari Indonesia bisa tampil ke level yang tinggi yaitu MotoGP.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini