Sukses

Harapan Aero Aswar Usai Dapat Penghargaan dari Kemenpora di Haornas 2024

Aero Sutan Aswar merupakan salah satu atlet yang mendapat penghargaan dari Menpora untuk Haornas 2024.

Liputan6.com, Jakarta- Atlet Jetski Indonesia Aero Sutan Aswar termasuk salah satu atlet yang menerima Penghargaan Insan Olahraga Berprestasi Tahun 2024. Penghargaan ini diberikan oleh Menpora Ario Tedjo di Kantor Kemenpora, Jakarta, pada Rabu 2 Oktober 2024.

Untuk atlet, total ada delapan yang memperoleh penghargaan dari Kemenpora. Sepak takraw mendominasi karena ada tiga atletnya yang mendapat penghargaan dari Kemenpora.

Selain Aero, atlet lain yang dapat penghargaan antara lain, Veda Ega Pratama (balap motor) Bonyx Yusak Saweno (Purna Olahraga Tinju), Iqbal Chandra Pratama (Pencak Silat), Michael Robert Mustika (Tinju), Syaiful Rizal (Sepat Takraw), Muhammad Hardiansyah Muliang (Sepak Takraw) dan Abdul Halim Radjiu (Sepak Takraw).

Aero berharap keberhasilannya mendapat penghargaan memacu atlet junior jetski untuk terus mengukir prestasi sehingga bisa mengikuti jejaknya di kemudian hari.

"Saya berharap dengan anugerah Penghargaan Haornas Pemerintah RI dapat menjadi salah satu motivasi para atlet jetski junior agar lebih tekun lagi di dalam berlatih," ujar Aero Aswar usai menerima penghargaan.

2 dari 3 halaman

Atlet Junior Jetski Indonesia

Saat ini ada beberapa atlet junior yg sedang rutin berlatih di Akademi Jetski Indonesia / IJBA, yang dipersiapkan untuk juga menjadi jajaran kandidat Juara Dunia membela Indonesia di Kejuaraan Dunia di Amerika Serikat.

Aero bisa menjadi jawara Jetski Indonesia setelah berlatih secara konsisten sejak kecil. Dia dilatih langsung oleh ayahnya Fully Aswar yang juga Ketua Umum IJBA, sebagai satu-satunya Induk Cabang Olahraga Jetski yg diakui Pemerintah dan merupakan anggota KONI Pusat. Dalam konsistensinya di dunia olahraga Jetski, Aero sudah malang melintang pada berbagai jenis kejuaraan baik nasional, regional maupun kejuaraan dunia dengan menyandang negara Indonesia.

3 dari 3 halaman

Akademi di Ancol

Sementara itu Rinaldi Duyo, Sekjen IJBA yg mendampingi Aero pada penganugerahan Penghargaan Haornas 2024 yang diserahkan langsung oleh Menpora menyatakan bahwa tidaklah mudah mendidik dan melatih atlet untuk menjadi Juara Dunia dan bahkan berkali kali di tengah para jawara jetski negara maju lainnya.

"Itulah yang selama ini dilakukan oleh IJBA dalam membina para atletnya agar konsisten dalam meningkatkan kemampuannya. IJBA sebagai satu-satunya Induk Cabang Olahraga Jetski melaksanakan pembinaannya atlet elitnya melalui Jetski Indonesia Academy di kawasan Ancol Jakarta Utara," papar Reynaldi.