Sukses

Manchester United Makin Serius Bahas Pemecatan Erik ten Hag, Sudah Ada 4 Calon Penggantinya

Pelatih kepala Newcastle United Eddie Howe dan Graham Potter diduga merupakan dua kandidat terdepan untuk menggantikan Erik ten Hag sebagai bos Manchester United.

Liputan6.com, Jakarta Manajer Manchester United Erik ten Hag berada di bawah tekanan yang lama makin meningkat setelah membawa timnya menjalani awal musim yang menyedihkan. Setan Merah hanya memenangkan tiga dari sembilan pertandingan pertama mereka di semua kompetisi.

MU tidak pernah menang dalam tiga pertandingan menjelang pertarungan di Liga Europa melawan Porto, Kamis (3/9/2024). Kekalahan 0-3 akhir pekan lalu dari Tottenham Hotspur di Liga Inggris jadi titik terendah.

Juara Inggris 20 kali itu, makin merana di posisi ke-13 klasemen sementara menyusul pembukaan musim yang mengecewakan. Meski demikian Ten Hag bersikeras bahwa dia tidak merasa panik setelah dewan direksi menunjukkan kepercayaan kepadanya pada musim panas.

Sir Jim Ratcliffe kembali mempercayai Ten Hag setelah Man United secara mengejutkan kalahkan rival Manchester City di final Piala FA. Tapi, menurut TEAMTalk, MU kini tengah mengintensifkan upaya untuk menggantikan Ten Hag.

Ratcliffe kini inginkan manajer dari Inggris. Kini, banyak orang di Theatre of Dreams menginginkan Ten Hag pergi, dan Ratcliffe kini tengah menyeleksi kandidat untuk posisi tersebut.

2 dari 4 halaman

MU Makin Serius Bahas Pengganti Erik ten Hag

Kepala INEOS tersebut konon ingin menunjuk manajer Inggris yang sangat disegani, dan dua kandidat utamanya adalah pelatih Newcastle United Eddy Howe dan Graham Potter.

Laporan tersebut menambahkan bahwa diskusi serius kini tengah berlangsung tentang cara menggantikan Ten Hag. Meskipun mantan pelatih Ajax tersebut optimistis bahwa ia dapat membalikkan nasib MU dalam beberapa bulan mendatang.

Potter sudah tidak lagi menjadi manajer sejak dipecat oleh Chelsea pada musim 2022-23, meskipun baru-baru ini ia mengonfirmasi bahwa ia terbuka untuk peran baru. Tapi, tidak diungkapkan apakah ia telah mengadakan pembicaraan dengan MU.

3 dari 4 halaman

Graham Potter Sangat Bersemangat Pindah ke Old Trafford

Mantan bos Swansea City itu konon sangat bersemangat untuk membahas kemungkinan pindah ke Old Trafford jika ada kesempatan, dan MU juga tidak mempedulikan hasil mengecewakan saat menangani Chelsea.

Baik Potter maupun Howe memiliki hubungan baik dengan direktur MU Dan Ashworth, yang pernah bekerja bersama mantan bos tersebut di Brighton & Hove Albion.

4 dari 4 halaman

Ada Calon Pengganti Pilihan Pribadi Ratcliffe

Lantas siapa saja kandidat lain untuk menggantikan Ten Hag? Howe dan Potter disebut-sebut sebagai dua dari tiga manajer Inggris yang bersaing untuk jabatan tersebut. Satu lagi calon pengganti Ten Hag adalah mantan pelatih kepala Inggris Gareth Southgate, yang konon merupakan pilihan pribadi Ratcliffe.

Akan tetapi, finalis Euro 2020 dan 2024 tersebut tidak dianggap sebagai pesaing utama untuk jabatan tersebut, begitu pula Simone Inzaghi dari Inter Milan, yang konon tidak ingin meninggalkan juara Italia tersebut dalam waktu dekat.