Sukses

5 Pelatih yang Diklaim Bisa Gantikan Erik ten Hag di Manchester United: Terbaru Xavi Hernandez

Erik ten Hag kembali berada di ujung tanduk dalam karier kepelatihannya bersama Manchester United. Ada beberapa nama yang diklaim berpotensi jadi penerusnya, dengan Xavi Hernandez jadi kandidat terbaru.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Manchester United Erik ten Hag kembali berada di ujung tanduk dalam kariernya bersama Setan Merah. Juru taktik asal Belanda ada di ambang pengusiran menyusul serangkaian hasil mengecewakan yang diraih anak-anak asuhnya pada awal kampanye 2024/2025.

Padahal Ten Hag sendiri sebenarnya baru saja lolos dari ancaman pemecatan di musim panas 2024. Dia nyaris didepak usai mencatatkan finis terburuk MU sepanjang era Premier League, sebelum keluar sebagai juara Piala FA yang membuat petinggi klub mengambil manuver berbeda.

Di musim ini, periode jeda internasional diklaim jadi waktu penentuan masa depan Erik ten Hag. The Guardian melaporkan Sir Jim Ratcliffe sudah menggelar pertemuan di London pada Selasa (8/10/2024) yang turut dihadiri oleh CEO Omar Berrada, Direktur Olahraga Dan Ashworth, serta Direktur Teknik MU Jason Wilcox.

Hanya saja, mereka dilaporkan belum mencapai keputusan terkait kelanjutan karier juru taktik Belanda. Sementara itu, Erik ten Hag yang jadi subjek pembicaraan justru diklaim tengah berlibur, meski ada risiko dia dicopot dari statusnya sebagai pelatih dalam beberapa hari mendatang.

Jika Erik ten Hag pergi, ada sejumlah nama yang sudah dikaitkan dengan kursi panas Old Trafford, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

Beberapa di antaranya telah dipertimbangkan MU ketika sang pelatih nyaris dipecat musim panas lalu, sedangkan Xavi Hernandez jadi nama baru, mengingat dia memang sedang menganggur usai cabut dari Barcelona.

Simak daftar 5 pelatih yang berpotensi gantikan Erik ten Hag di Manchester United pada halaman selanjutnya.

2 dari 6 halaman

1. Gareth Southgate

Gareth Southgate saat ini tengah berstatus tanpa pekerjaan lantaran dia sudah berpisah dari Timnas Inggris menyusul kegagalan dalam final Euro 2024.

Juru taktik berusia 54 tahun itu digadang-gadang merupakan kandidat favorit Sir Jim Ratcliffe untuk menggantikan posisi Erik ten Hag di Old Trafford.

Dari segi kemampuan, Southgate sejauh ini dipandang cukup berhasil membangun tim yang disiplin dan kompetitif. Hanya saja, dia masih minim pengalaman mengelola klub, dengan sang juru taktik diketahui cuma sempat menangani Middlesbrough sebelum akhirnya megemban tanggung jawab bersama Timnas Inggris U-21 dan senior.

3 dari 6 halaman

2. Thomas Tuchel

Layaknya Gareth Southgate, Thomas Tuchel juga tengah menganggur. Dia terakhir kali duduk di kursi pelatih Bayern Munchen, sebelum kubu Bundesliga mengumumkan berakhirnya kerja sama mereka dengan juru taktik Jerman pada Februari, yang efektif berlaku mulai pengujung musim 2023/2024.

Nama Tuchel sendiri sudah masuk dalam daftar kandidat incaran Setan Merah ketika Erik ten Hag nyaris dipecat pada musim panas lalu. Akan tetapi, laporan The Sun mengungkap pria asal Jerman kala itu tak tertarik mengambilkesempatan di Old Trafford lantaran ingin menjauh sejenah dari dunia kepelatihan.

4 dari 6 halaman

3. Graham Potter

Graham Potter menganggur lebih lama dibanding Gareth Southgate dan Thomas Tuchel. Dia semula tampil gemilang bersama Brighton, sehingga membuat Chelsea tergerak menyewa jasanya sebagai pelatih.

Akan tetapi, perjalanan karier Potter bersama The Blues tidak mulus. Pria asal Inggris dipecat pada 2023 sebab performa anak-anak asuhnya jauh di bawah harapan.

Terlepas dari catatan itu, Potter tetap dipandang tinggi berkat kinerjanya untuk The Seagulls. MU sempat melirik dia kala Erik ten Hag nyaris dipecat pad amusim panas 2024, dan namanya kembali masuk dalam jajaran calon suksesor pria Belanda saat jeda internasional Oktober.

5 dari 6 halaman

4. Eddie Howe

Eddie Howe saat ini tengah menukangi sesama klub Liga Inggris Newcastle United. Namun, namanya ikut dilirik oleh Manchester United guna dijadikan kandidat suksesor Erik ten Hag di Old Trafford.

Kebetulan Howe diklaim punya hubungan baik dengan Direktur Manchester United Dan Ashworth. Keduanya pernah bekerja sama sebelum Ashworth diangkut oleh Setan Merah ke Theatre of Dreams.

6 dari 6 halaman

5. Xavi Hernandez

Xavi Hernandez merupakan nama terbaru yang konon diicar oleh Manchester United. Setan Merah memandang dia bisa jadi kandidat potensial guna menggantikan Erik ten Hag di kursi panas MU.

Malahan laporan mengeklaim Xavi kini sudah menduduki puncak daftar suksesor juru taktik Belanda. El Nacional mengeklaim mereka bersedia mengerahkan radar demi mendapatkan tanda tangan mantan juru taktik Barcelona.

Dengan statusnya yang menganggur, Xavi bisa langsung tersedia menukangi MU. Dia sebelumnya pernah mengantar Blaugrana keluar sebagai juara LaLiga Spanyol di musim 2022/2023.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence