Sukses

Perpecahan di Timnas Uruguay, Federico Valverde Bela Luis Suarez yang Kritik Marcelo Bielsa

Kapten timnas Uruguay Federico Valverde membela pernyataan dari mantan rekan setim Luis Suarez yang mengkritik pelatih Marcelo Bielsa. Dia menyebut Suarez tidak berbohong.

Liputan6.com, Jakarta - Kapten timnas Uruguay Federico Valverde membela pernyataan dari mantan rekan setim Luis Suarez yang mengkritik pelatih Marcelo Bielsa. Dia menyebut Suarez tidak berbohong.

Suarez sebelumnya mengklaim Bielsa telah ciptakan suasana yang membuat para pemain di timnas tidak nyaman. Pernyataan tersebut jelas berbahaya karena Bielsa masih bekerja dengan Suarez sudah pensiun. 

Namun, kepada Sports Illustrated, Valverde mengatakan apa yang disampaikan oleh Suarez adalah benar dan sama sekali tidak dilebih-lebihkan.

"Hanya ingin klarifikasi saja, semua yang disampaikan Luis (Suarez) adalah benar. Ia sama sekali tidak pernah berbohong, juga tidak pernah katakan hal yang tidak benar. Ia mengatakan semua hal secara apa adanya," tutur punggawa Real Madrid tersebut.

Mengenai Suarez yang mengatakannya secara terang-terangan di publik, Valverde sama sekali tidak ambil pusing soal itu. Justru, ia merasa Suarez bebas mengatakan apapun karena ia adalah legenda Uruguay.

"Karena ini Luis. Ia tidak perlu izin dari siapapun atau bahkan kami untuk melakukan hal tersebut. Ia adalah orang yang selalu mewakili kami dari semua hal dan juga panutan kami. Ia adalah idola semua masyarakat Uruguay dan ia dapat melakukan apapun yang ia mau," katanya.

2 dari 3 halaman

Pemain Timnas Uruguay Bakal Rembuk

Gelandang 26 tahun tersebut menyampaikan bahwa ia dan para pemain timnas Uruguay akan bicarakan situasi terkait Bielsa bersama-sama di ruang ganti.

"Dari saya dan para pemain senior di tim, kita harus bicarakan ini di ruang ganti. Kita harus bicarakan ini semua sebagai sebuah tim seperti yang selalu kita lakukan. Kita akan bertumbuh dan berkembang bersama," tuturnya.

Kemudian, kapten La Celeste tersebut mengungkapkan bahwa permasalahan dengan Bielsa bukanlah yang pertama kalinya. Akan tetapi, Valverde optimis para pemain dapat mencari solusi seperti sebelumnya sehingga segala permasalahan tim dapat teratasi dengan baik.

"Sejak Marcelo (Bielsa) datang, kita (para pemain) selalu mengatasi permasalahan dengan membicarakannya bersama-sama. Kita selalu melakukan hal tersebut dan masalah ini akan menjadi masalah lainnya yang akan diselesaikan dengan cara yang sama," ujar Valverde.

3 dari 3 halaman

Uruguay Tetap Bersemangat Buru Kemenangan

Meskipun ada masalah yang sedang terjadi di tim, situasi tersebut sama sekali tidak melunturkan semangat Valverde. Baginya, sangat sulit untuk kehilangan ambisi bermain mewakili timnas Uruguay.

"Sangat sulit untuk kehilangan semangat bermain untuk Uruguay," katanya.Kemudian, Valverde membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan bahwa bermain untuk La Celeste adalah impian semua anak Uruguay dari kecil."Anda datang untuk mewakili negara anda. Ini adalah sesuatu yang anda impikan sejak anda masih kecil," lanjut Valverde.

Selanjutnya, Valverde sampaikan rasa senang ketika keluarganya dapat menontonnya bermain untuk negara.

"Datang bersama keluarga dan anak-anakku ada di sini juga untuk menontonku di Estadio Centenario dengan seragam timnas terasa sangat menyenangkan," tuturnya.

Saat ini, Uruguay berada di posisi ketiga pada kualifikasi Piala Dunia 2026. Skuad asuhan Marcelo Bielsa ini hanya berada di bawah Argentina dan Kolombia. Mereka bakal melanjutkan perjuangan melawan Peru, Sabtu (12/10/2024) pagi WIB.

Video Terkini