Sukses

Atlet Sumut Brandon Toa Ukir Prestasi Gemilang di Shark Equestrian Competition

Brandon Toa berjaya di Shark Equestrian Competition. Sebelumnya dia juga mampu meraih prestasi membanggakan di Piala Kampus Kuda Klaten Series.

Liputan6.com, Jakarta- Atlet berkuda berbakat dari Medan, Sumatera Utara, Brandon Toa terus mengukir prestasi membanggakan pada tahun 2024 ini. Setelah menjadi Atlet Junior Terbaik versi Piala Kampus Kuda Klaten Series (25-29/9), pemuda berusia 13 tahun ini kembali mengukir pencapaian positif di Kejuaraan Berkuda Shark Equestrian Competition yang diselenggarakan di markas Anantya Riding Club (2-6/10) lalu.

Brandon Toa yang kini meramaikan persaingan para Rider berkuda di level Junior tampil mengesankan di Kejuaraan Berkuda Piala Kampus Kuda Klaten yang digelar pada penghujung bulan September 2024 lalu.

Di kejuaraan yang merupakan seri pamungkas Piala Kampus Kuda Klaten 2024 tersebut, Brandon berhasil membawa pulang 4 medali emas yang sekaligus mencatatkan Namanya sebagai dominator di kejuaraan berkuda yang cukup bergengsi untuk wilayah Jawa Tengah tersebut.

Turun tanding bersama 3 kuda andalannya, Brandon Toa yang mewakili Tim WTC-K3 Equestrian tersebut tak terbendung dengan meraih medali emas dari kelas SJ 30-50 cm U16 bersama kuda Brave Speedy, SJ 40-60 cm Open bersama kuda Kanzia, SJ 60-80 cm U16 dengan menunggang kuda Baxley dan SJ 80-90 cm U21 berpasangan dengan kuda Baxley.

Berkat perjuangan kerasnya tersebut, anak Medan ini pun berhasil meraih predikat gelar sebagai Rider Junior Terbaik Piala Kampus Kuda Klaten 2024 setelah sebelumnya juga berhasil tampil mendominasi di putaran perdana kejuaraan tersebut dengan torehan 9 kali naik podium yang digelar pada akhir Juni 2024 lalu.

2 dari 3 halaman

Gelar Ganda Brandon

Usai meraih banyak penghargaan dari arena Piala Kampus Kuda Klaten 2024, putra dari pasangan Williem Toa dan Erna Wardika tersebut pun langsung terbang ke Jakarta untuk mengikuti Kejuaraan Berkuda Shark Equestrian Competition yang digelar di Anantya Riding Club.

Bersaing dengan Rider-Rider Junior Tangguh, Brandon yang kali ini mengusung bendera DNV Equestrian pun berhasil meraih beberapa pencapaian apiknya saat menaklukan lapangan pasir stable yang berlokasi di bilangan Karanggan Gunung Putri Kabupaten Bogor Jawa Barat tersebut.

Sejumlah penghargaan pun kembali diraih Siswa Sekolah High Scope Medan. Tampil perdana di kelas SJ 100 cm U21-Jump Off, Brandon langsung menyelesaikan rintangan dengan Double Clear Round & bersaing bersama 5 peserta lainnya di babak Jump Off dengan menduduki Juara 3 dengan kuda Calimba Do Sol.

3 dari 3 halaman

Kiprah Brandon Toa

Prestasi lainnya yang diperoleh Brandon yakni Juara 3 kelas SJ 35-55 cm U16 (Brave Speedy), Juara 5 kelas SJ 30-40 cm U16 (Brave Speedy), Juara 8 kelas SJ 55-75 cm U16 (Calimba Do Sol), Juara 2 SJ 95 cm U18 (Calimba Do Sol) dan peringkat 2 kelas SJ 95 cm Open (Calimba Do Sol) pada pertandingan yang total diikuti oleh lebih dari 500 entry peserta tersebut.

Sebagai program berikutnya, Brandon Toa bersama tim pun dijadwalkan akan kembali turun bertanding pada kejuaraan-kejuaraan berkuda baik tingkat daerah maupun tingkat nasional. Dengan bakat yang dimilikinya seiiring kemampuan berkudanya yang semakin meningkat pesat serta catatan prestasinya yang konsisten, Brandon Toa pun diprediksi akan meramaikan persaingan panas para Rider Junior ditingkat nasional.