Sukses

Wartawan Bahrain Sebut Timnas Indonesia Kurang Fokus saat Latihan, Begini Respons Shin Tae-yong

Wartawan Bahrain mempertanyakan keseriusan Timnas Indonesia dalam melakukan sesi latihan jelang melakoni laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Bahrain pada Kamis (10/10/2024). Dia menyebut anak-anak asuh Shin Tae-yong kurang fokus dan kerap bercanda saat latihan, tetapi pandangan itu langsung diluruskan oleh pelatih skuad Garuda.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mendapat pertanyaan menarik dari wartawan Bahrain jelang duel anak-anak asuhnya melawan Muharabi Dilmun dalam lanjutan putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Kamis (10/10/2024) pukul 23.00 WIB.

Skuad Garuda dipertanyakan keseriusannya ketika menjalani sesi latihan lantaran sang wartawan menilai anak-anak asuh STY kerap tidak fokus dan sering bercanda, sebagaimana yang dia saksikan dalam berbagai unggahan di media sosial Timnas Indonesia.

Sekadar informasi, duel Bahrain vs Timnas Indonesia sendiri memang dianggap laga penting dan menentukan bagi kedua tim. Skuad tuan rumah sementara ini menduduki peringkat 3 klasemen sementara grup C dengan catatan 1 kemenangan dan 1 kekalahan.

Sementara itu, pasukan Garuda duduk satu setrip di bawahnya setelah mendulang 2 hasil imbang melawan Arab Saudi dan Australia. Raihan tiga poin pun tak ayal menjadi target krusial yang harus didapatkan Timnas Indonesia serta Bahrain jika ingin memperbesar peluang lolos ke putaran final turnamen sepak bola terakbar dunia.

Namun, wartawan Bahrain menyiratkan dirinya tak melihat keseriusan Timnas Indonesia dalam membidik kemenangan, sebab sesi latihan anak-anak asuh Shin Tae-yong kerap kali diwarnai candaan.

Menanggapi hal ini, juru taktik skuda Garuda lantas memberi penjelasan terkait latihan timnya. Pria asal Korea Selatan mengeklaim pihaknya memang selalu berupaya menciptakan atsmofer yang menyenangkan agar para penggawa mendapat energi tambahan buat berlaith.

"Saya selalu menekankan bahwa pemain juga perlu merasa enjoy (menikmati) sesi latihan. Dari situ energi para pemain bakal bangkit. Jadi, (perihal) sikap dan energi mereka selama latihan, kami memang selalu punya sesi yang menyenangkan," papar STY dalam konferensi pers pra pertandingan pada Rabu (9/10/2024) malam WIB, sebagaimana dinukil dari PSSI.

2 dari 3 halaman

Akui Laga Kontra Bahrain Krusial buat Timnas Indonesia

Lebih lanjut, Shin Tae-yong sendiri sebelumnya telah mengakui bahwa pertandingan melawan Bahrain bakal jadi momen krusial buat Timnas Indonesia.

Oleh sebab itu, terlepas dari pandangan pihah eksternal soal sesi latihan skuad Garuda, STY menegaskan timnya telah mempersiapkan diri dengan baik.

"Ini adalah pertandingan yang sangat penting buat kami, bahkan buat kedua tim, baik Indonesia maupun Bahrain. Hasil pertandingan besok bakal sangat krusial bagi kedua tim," ujar Shin Tae-yong.

" Kami sudah mempersiapkan laga besok dengan sangat baik sejauh ini. Jadi saya harap kami dapat menampilkan yang terbaik besok," tambahnya dalam konferensi pers jelang laga kontra Bahrain di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

3 dari 3 halaman

Ogah Pusingkan Rekor Buruk

Sementara itu terkait rekor kelam yang menyelimuti Timnas Indonesia usai kalah 10-0 dalam partai tandang melawan Bahrain 12 tahun silam, Shin Tae-yong ogah ambil pusing. Baginya pengalaman yang sudah lalu harus dibiarkan berlalu.

"Soal hasil di pertandingan terakhir di mana kami kalah 10-0 di stadion ini, saya sebenarnya baru dengar fakta itu kemarin," terang Shin Tae-yong.

"Tapi masa lalu biarlah berlalu, yang sudah terjadi ya sudah. (Di pertandingan) besok tetap tidak ada yang tahu apa yang bakal terjadi," tandasnya pada Rabu (9/10/2024) malam WIB.