Sukses

Jurgen Klopp Ungkap Alasan Mau Pimpin Proyek Sepak Bola Red Bull

Mantan juru taktik Liverpool, Jurgen Klopp akan kembali ke dunia sepak bola pada Januari 2025 mendatang. Kembalinya pelatih asal Jerman ini bukan untuk melatih tim sepak bola, tetapi menjadi pimpinan global sepak bola di perusahaan Red Bull.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan juru taktik Liverpool Jurgen Klopp akan kembali ke dunia sepak bola pada Januari 2025 mendatang. Kembalinya pelatih asal Jerman ini bukan untuk menangani klub sepak bola, tetapi menjadi pimpinan global sepak bola di perusahaan Red Bull.

Dilansir dari ESPN, perannya sebagai pimpinan secara resmi menandakan kembalinya Klopp setelah hampir enam bulan hiatus. Sejak menyelesaikan masa baktinya selama sembilan tahun bersama The Reds di musim 2023/2024, ia mengambil waktu sejenak untuk beristirahat dari dunia sepak bola.

Lalu, Klopp ungkapkan perasaanya akan peran barunya tersebut. Baginya, ini adalah hal yang sangat menyenangkan dan ia tidak sabar untuk memulai perjalanannya sebagai pimpinan global.

"Aku sangat tertarik untuk terlibat dalam proyek seperti ini. Peranku mungkin berubah, tetapi kecintaanku terhadap sepak bola dan semua yang ada di dalamnya sama sekali tidak berubah," ujar Klopp.

2 dari 3 halaman

Jurgen Klopp Ingin Kembangkan Sepak Bola

Sosok berusia 57 tahun tersebut juga ceritakan alasannya bergabung dengan Red Bull. Dengan perusahaan asal Austria ini, Klopp ingin mengembangkan sepak bola di level global.

"Dengan bergabung Red Bull pada level global, aku ingin mengembangkan dan mendukung berbagai talenta berbakat sepak bola yang kami punya. Melalui pengetahuan dan pengalaman, ada banyak hal yang dapat kami pakai untuk mempelajari seluk beluk industri olahraga lain," katanya.

Kemudian, Klopp tuturkan bahwa ia melihat dirinya sebagai mentor untuk para pelatih. Meskipun demikian, Klopp menyadari bahwa peran terbesarnya adalah sebagai pimpinan.

Hal tersebut dikatakan lantaran tugasnya adalah memantau perkembangan jaringan klub sepak bola Red Bull di seluruh dunia. Klopp tidak akan terjun langsung dalam kegiatan sehari-hari.

Ia lebih fokus untuk memberikan strategi untuk klub, membantu jajaran direktur olahraga, dan mendukung pencarian bakat sepak bola di level internasional."

Aku melihat peran utamaku sebagai mentor bagi para pelatih dan manajer untuk semua klub (sepak bola) Red Bull. Terlepas dari itu, aku adalah bagian dari organisasi yang unik, inovatif, dan memiliki visi masa depan yang jelas," jelas Klopp.

3 dari 3 halaman

Alasan Red Bull Pilih Jurgen Klopp

CEO Proyek Perusahaan dan Investasi Red Bull Oliver Mintzlaff menyampaikan alasan di balik keputusan perusahaannya mengangkat Klopp menjadi pimpinan. Menurutnya, mantan pelatih The Reds tersebut adalah salah satu figur besar di dunia sepak bola.

"Kami sangat bangga dengan capaian dan penandatanganan kontrak terhebat di sepanjang sejarah sepak bola Red Bull ini. Jurgen Klopp adalah salah satu sosok berpengaruh dan terhebat di dunia sepak bola dengan segala kemampuan dan kharismanya," ungkapnya.

Kemudian, Mintzlaff menjelaskan sedikit mengenai peran Klopp nantinya. Ia dinilai akan sangat membantu perkembangan sepak bola klub Red Bull di seluruh dunia.

"Dalam perannya sebagai pimpinan sepak bola, ia akan menjadi sosok penting dalam keterlibatannya di level internasional sepak bola dan perkembangannya untuk masa depan," kata Mintzlaff.

Selanjutnya, ia juga berharap dengan adanya Klopp, sepak bola Red Bull dapat semakin berjaya.

"Kami berharap akan ada berbagai dorongan berharga pada titik-titik tertentu agar semua klub menjadi berkembang, baik secara kolektif maupun individu," lanjutnya.