Sukses

Liga Mahasiswa Basketball 2024 Pakai 2 Divisi, Akomodir Antusiasme Kampus

Semakin banyak kampus yang mau ikutan Liga Mahasiswa Bola Basket. Panitia pun membuatkan dua divisi.

Liputan6.com, Jakarta- Turnamen bola basket antar kampus di Indonesia, Liga Mahasiswa (LIMA) Basketball siap menggulirkan musim 2024. Beberapa terobosan baru diterapkan LIMA Basketball 2024 untuk menampung besarnya animo bola basket di tanah air.

Di musim 2024, LIMA Basketball untuk pertama kali menerapkan dua divisi untuk sektor putra. Hal ini untuk menjaga persaingan. Kampus-kampus yang baru memiliki tim basket akan bersaing di Divisi Dua. Nantinya dua tim teratas akan promosi ke Divisi Satu menggantikan dua tim terendah.

Antusiasme kampus mengikuti turnamen bola basket antar mahasiswa semakin besar. Total ada 66 universitas yang akan mengikuti LIMA Basketball 2024. Namun untuk putri cuma ada Divisi Satu saja. Pasalnya jumlah peserta putri masih belum sebanyak di putra.

"Ekosistem bola basket tidak boleh berhenti setelah IBL. Kita harus berkelanjutan. Kita berhasil menghidupkan antusiasme universitas. Banyak universitas pendatang baru yang ikut LIMA 2024," tutur Junas Miradiarsyah selaku Direktur LIMA dalam sesi konferensi pers di Kawasan Radio Dalam, Jakarta, Kamis (10/10/2024).

“Kalau yang baru kita menciptakan sistem divisi 1 dan 2, karena cukup banyak Universitas yang antusias bermain di LIMA dan kita juga perlu menjaga level kompetisinya antara yang sudah sekian lama berkompetisi di lima dengan yang baru. Sehingga dengan adanya divisi 1 dan 2 ini masing-masing bisa berkompetisi secara maksimal dan lebih merata,” kata Junas.

2 dari 3 halaman

Digelar di 4 Kota

LIMA Basketball baik di sektor putra dan putri akan berlangsung dalam dua fase. Babak reguler yang diisi delapan tim dan tahap nasional atau Championship Series. Babak reguler ini akan berlangsung di empat kota dari sebelumnya cuma di dua kota yakni Jakarta, Surabaya, Bandung dan Yogyakarta.

Seri Jakarta dan Surabaya akan berlangsung beriringan pada 12-19 Oktober 2024. Jakarta berlangsung di GOR Otista, sedangkan Surabaya di GOR Unese. Kemudian Bandung dan Yogyakarta berlangsung serentak di 9-16 November 2024. Untuk Bandung dilangsungkan di GOR Widyatama, sedangkan Yogyakarta di GOR UAJY.

Untuk kampus-kampus dari luar Pulau Jawa akan bertarung di Surabaya. Dua tim terbaik di masing-masing kota ini akan lolos ke tahap nasional yang rencananya berlangsung Desember 2024 di Jakarta.

3 dari 3 halaman

Perbasi Bangga LIMA Makin Besar

Sekjen Perbasi Nirmala Dewi menyambut baik format baru LIMA Basketball 2024 ini. Nirmala melihat selama ini sudah banyak jebolan LIMA yang memperkuat timnas basket Indonesia.

"Kompetisi sekarang makin banyak di berbagai kota. Ini perkembangan yang kita Perbasi harus menyambut baik. LIMA banyak pemain timnas yang sudah main disitu. Kita juga sambil lihat apakah ada pemain yang berpotensi baik untuk kita rekrut baik untuk timnas putra dan putri maupin level berikutnya," ucap Nirmala.

 

Video Terkini