Sukses

PSSI Bakal Layangkan Surat Protes soal Kepemimpinan Wasit Ahmed Al-Kaf usai Timnas Indonesia Ditahan Bahrain

PSSI kabarnya bakal melayangkan surat protes kepada AFC soal kepemimpinan wasit Ahmed Al-Kaf usai Timnas Indonesia ditahan imbang Bahrain dalam laga grup C putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Kamis (10/10/2024) malam waktu setempat.

Liputan6.com, Jakarta PSSI kabarnya bakal melayangkan surat protes kepada Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) terkait kepemimpinan wasit Ahmed Al-Kaf ketika Timnas Indonesia ditahan imbang Bahrain dalam laga grup C putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Kamis (10/10/2024) malam waktu setempat.

Hal itu menyusul keputusan Ahmed Al-Kaf yang dinilai kontroversial, utamanya saat injury time babak kedua di mana Bahrain berhasil mencetak angka penyeimbang lewat gol Mohamed Marhoon.

Sebagaimana diketahui, Bahrain memang lebih dulu mencetak keunggulan setelah Marhoon menjebol gawang Maarten Paes di menit ke-15. Akan tetapi, situasi berbalik setelah Ragnar Oratmangoen mencetak gol penyeimbang jelang turun minum, yang kemudian digandakan lewat aksi Rafael Struick pada menit 74.

Keunggulan Timnas Indonesia terus bertahan hingga injury time babak kedua. Wasit semula memberi tambahan durasi 6 menit di pengujung laga, tetapi peluit panjang tak kunjung dibunyikan sampai Mohamed Marhoon kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit 90+9, yang mengubah kedudukan menjadi 2-2.

Menanggapi situasi ini, Anggota Komite Eksekutif PSSI Arya Sinulingga pun mengeklaim pihaknya bakal mengirim surat protes. Dia tak menutupi kekecewaan akan kepemimpinan wasit yang seolah menambah waktu sampai Bahrain menyamakan skor.

"Ya kita kirim surat protes," ucap Arya Sinulingga, sebagaimana dilansir dari situs resmi PSSI.

“Kita sangat kecewa dengan kepemimpinan wasit. Seperti menambah waktu sampai Bahrain menciptakan gol,” tambahnya.

2 dari 3 halaman

Timnas Indonesia Diminta Alihkan Fokus ke Laga Kontra China

Di sisi lain, Ketua Umum PSSI Erick Thohir sebelumnya telah menginstruksikan Timnas Indonesia agar segera mengalihkan fokus ke pertandingan melawan China yang diagendakan berlangsung pada Selasa (15/10/2024).

Pria yang merangkap sebagai Menteri BUMN itu berharap Shin Tae-yong dan pasukannya bisa bangkit menyusun strategi baru untuk duel mendatang, terlepas dari kegagalan merebut kemenangan saat bertamu ke markas Bahrain.

"Ada banyak opini tentang laga Timnas lawan Bahrain itu. Tapi, saya harap para pemain dan tim pelatih sudah lupakan itu, dan susun strategi yang lebih matang untuk hadapi China dalam empat hari lagi," tutur Erick.

"Apalagi situasinya berbeda, mulai dari cuaca, kesiapan fisik, termasuk recovery, hingga lawan yang punya ambisi meraih poin pertamanya. Ini yang harus kita lebih fokus dan waspadai," pungkas Ketum PSSI.

3 dari 3 halaman

Jadwal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia

6 September 2024

Arab Saudi 1-1 Timnas Indonesia

10 September 2024

Timnas Indonesia 0-0 Australia

10 Oktober 2024

Bahrain 2-2 Timnas Indonesia

15 Oktober 2024

China vs Timnas Indonesia

15 November 2024

Timnas Indonesia vs Jepang

19 November 2024

Timnas Indonesia vs Arab Saudi

20 Maret 2025

Australia vs Timnas Indonesia

25 Maret 2025

Timnas Indonesia vs Bahrain

5 Juni 2025

Timnas Indonesia vs China

10 Juni 2025

Jepang vs Timnas Indonesia