Sukses

Putra Jatim Juara Piala Kapolri 2024 Usai Bungkam Jabar

Tim putra Jatim mengalahkan Jabar 3-1 (30-28, 23-25, 28-26, 29-27) pada final turnamen voli Piala Kapolri 2024 di GOR Terpadu A. Yani Pontianak, Sabtu (12/10).

Liputan6.com, Jakarta - Tim putra Jawa Timur memenangkan partai final turnamen voli Piala Kapolri 2024 melawan Jawa Barat. Rivan Nurmulki dan kawan-kawan menang 3-1 (30-28, 23-25, 28-26, 29-27) di GOR Terpadu A. Yani Pontianak, Sabtu (12/10) malam.

Kemenangan di laga final ini memperbaiki hasil Jatim pada turnamen yang sama tahun lalu, di mana pada saat itu mereka dikalahkan tuan rumah Kalimantan Barat.

Laga Jatim kontra Jabar berlangsung seimbang sejak awal. Pada set pertama skor berakhir dengan 30-28 untuk kemenangan Jatim. Set kedua giliran Jabar unggul 25-23.

Set ketiga mencapai skor 28-26 untuk keunggulan Jatim. Di set keempat sebenarnya Jabar berkesempatan menyamakan kedudukan m2-2.

Jabar sudah unggul 24-20. Namun, Jatim bisa menyamakan skor 24-24. Kemudian, Jatim memenangkan laga dengan skor 29-27.

Meski kalah, pelatih Jabar Samsul Jais merasa puas karena dapat menghibur masyarakat dengan sajian yang menarik ditonton. "Meski Jabar kalah, ini pertandingan sangat menarik," kata Samsul usai pertandingan.

Sedangkan pelatih Jatim Iwan Dedi Setiawan merasa bersyukur dengan kemenangan skuad asuhannya. "Saya bersyukur tim saya bisa menang. Tertinggal 20-24 di set keempat dan kita bisa mengejar sampai bisa menang itu luar biasa," ucap pelatih yang lebih akrab disapa Giso usai laga.

Jatim selain mendapat medali dan piala tetap serta piala bergilir juga menerima hadiah uang pembinaan sebesar Rp 500 juta. Sedangkan Jabar mendapat Rp 350 juta sebagai runner-up.

Selain itu, Jatim juga menerima gelar pemain terbaik (MVP) yang didapat Agil Angga Anggara dan mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp 20 juta.

Selain itu, Jatim juga menerima hadiah best libero yang didapat Hendry Ade dan best middle blocker diraih Teddy Oka Syaputra. Sedangkan best outside hitter ditempati Hayun Muhammad dari Kalsel, best opposite spiker diraih pemain Jabar Muhamad Fikri Mustafa Kamal.

Untuk best setter diraih Jasen Natanael Kilanta dari Jabar. Semua best itu mendapat hadiah uang pembinaan masing-masing sebesar Rp 10 juta.

 

2 dari 2 halaman

Putri Jatim Dikalahkan Kalbar

Pada laga final putri, Kalimantan Barat mempertahankan gelar juara setelah mengalahkan Jawa Timur dengan skor 3-0 (27-25, 25-18, 28-26).

Setelah laga, pelatih Jatim Lardi mengatakan tim asuhannya sudah tampil maksimal. "Kita sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menang. Tapi, hasilnya kita runner-up," ucap Lardi.

Namun, pelatih yang pada tahun lalu membawa Kalbar juara di turnamen yang sama tidak kecewa dengan hasil yang didapatkan asuhannya tahun ini. "Apapun hasilnya kita terima," lanjut Lardi.

Sementara pelatih Kalbar Dobreskov Darko mengatakan laga final ini penting. "Karena, ini final. Maka ini adalah pertandingan penting. Hasil yang kami dapatkan ini dengan perjuangan," kata Darko.

Kalbar selain mendapat medali dan piala tetap serta piala bergilir juga menerima hadiah uang pembinaan sebesar Rp 500 juta. Sedangkan Jatim mendapt Rp 350 juta.

Selain itu, Kalbar juga menerima gelar pemain terbaik (MVP) yang diraih Arsela Nuari Purnama dan mendapatkan uang pembinaa sebesar Rp 20 juta. Di samping itu, Kalbar juga menerima the best libero yang diraih Zahwa Aliah Jasmin dan the best setter diraih Dian Pratiwi.

Sedangkan best outside hitter ditempati Afifah dari Sulawesi Tengah, best opposite spiker diraih Bella Saphira dari Jatim dan best middle blocker ditempati Yolla Yuliana dari Jatim. Semua best itu mendapat hadiah uang pembinaan masing-masing sebesar Rp 10 juta.