Sukses

Usai Bawa Timnas Indonesia Tembus Piala Asia U-20 2025, Indra Sjafri Didapuk Jadi Brand Ambassador Turnamen Mini Soccer

Pelatih Timnas Indonesia U-20 Indra Sjafri dipercaya menjadi brand ambassador turnamen mini soccer untuk wartawan peliput isu olahraga nasional.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia U-20 yang baru saja mengantar anak-anak asuhnya mengunci tiket putaran final Piala Asia U-20 2025, Indra Sjafri, didapuk sebagai brand ambassador untuk turnamen mini soccer bagi wartawan peliput isu olahraga nasional.

Mengusung tajuk Mandiri Media Cup 2024, ini merupakan kali ketiga ajang serupa digelar oleh organisasi wartawan PSSI Pers. TVRI keluar sebagai kampiun edisi perdana, sedangkan stasiun televisi milik Emtek Group SCTV sukses merengkuh gelar juara di edisi lalu.

Adapun penunjukan Indra Sjafri sebagai brand ambassador sendiri tak lepas dari rangkaian prestasi yang dia torehkan sepanjang menjalani karier sebagai juru taktik.

Tercatat, pria asal Sumatra Barat itu telah dua kali mempersembakan trofi Piala AFF U-19 pada 2013 dan 2024. Coach IS, sapaan akrabnya, juga sempat mengantar Timnas Indonesia menjuarai Piala AFF U-22 pada 2019, sekaligus merebut medali emas SEA Games 2023 yang menandai akhir penantian panjang Indonesia selama 32 tahun.

Sementara itu di panggung Piala Asia, Indra Sjafri mampu mencatatkan sejarah dengan membawa Timnas Indonesia U-20 berlaga di tiga edisi Piala Asia U-20, yakni pada 2014, 2018, dan 2025 mendatang. Bahkan pada 2018, tim asuhannya mampu melaju hingga babak perempat final sebelum dihentikan tim raksasa Jepang dengan skor 0-2.

2 dari 3 halaman

Pesan Indra Sjafri

Selaras dengan prestasi tersebut, kehadiran Indra Sjafri sebagai Brand Ambassador Media Cup 2024 pun dipandang ideal untuk menjadi role model sekaligus pendorong motivasi bagi peserta yang berlaga.

Meski bukan diikuti pesepak bola profesional, pelatih berusia 61 tahun berharap wartawan dan media yang ambil bagian dalam turnamen Mandiri Media Cup 2024 dapat mengusung prinsip fair play serta bersaing secara sportif.

"Saya salut dengan teman-teman wartawan, karena kreativitasnya seolah tanpa batas, termasuk menggelar turnamen ini. Saya berharap Media Cup 2024 berlangsung meriah dan makin menguatkan hubungan antarjurnalis," kata Indra Sjafri usai ditunjuk sebagai BA Media Cup 2024.

"Bagi seluruh tim peserta, saya berpesan tetap bermain fairplay dan sportif. Tunjukkan kemampuan masing-masing, jangan mau kalah dengan para pemain profesional," tambahnya.

3 dari 3 halaman

2 Media Emtek Ambil Bagian

Sekadar informasi, Mandiri Media Cup 2024 nantinya bakal diikuti oleh 16 tim dari media peliput isu olahraga nasional. Emtek Group memiliki 2 perwakilan di ajang ini, yakni SCTV selaku juara bertahan, serta Bola.com.

Antara tampil sebagai debutan setelah tembus dari babak play-off dengan mengungguli 3 pesaing lain, yakni CNN Indonesia.com, IDN Times, dan RRI.

Sementara itu, peserta lainnya meliputi ANTV, TV One, Kompas TV, TVRI, Trans 7, Metro TV, Detik.com, Skor.id, MNC Portal Indonesia, Jawa Pos, INews TV, Tribun Network, serta CNN Indonesia TV.