Sukses

Hasil UEFA Nations League Jerman vs Belanda: Gol Tunggal Jamie Leweling Bungkam Die Oranje

Jerman makin kokoh di puncak klasemen grup 3 UEFA Nations League usai menang tipis 1-0 atas Belanda di stadion Allianz Arena.

Liputan6.com, Jakarta Jerman berhasil membungkam Belanda dengan skor tipis 1-0 pada laga grup 3 UEFA Nations League yang berlangsung di Allianz Arena, Munchen, Selasa (15/10/2024). Gol tunggal dari Jamie Leweling bongkar pertahanan ketat Die Oranje, julukan Belanda di laga ini.

Kemenangan ini membuat Jerman makin kokoh di klasemen grup 3 UEFA Nations League. Dari 4 pertandingan, Jerman mengoleksi 10 poin. Sedangkan Belanda masih tertahan di posisi 2 dengan 5 poin dan rawan disalip oleh Hungaria yang menang lawan Bosnia pada laga lain.

Jalannya Pertandingan

Jerman sempat bersorak saat Lewelling mencetak gol cepat di menit ke-2. Manfaatkan kemelut, tembakannya berhasil menembus jala gawang Belanda yang dikawal Verbruggen.

Namun wasit menganulir gol tersebut setelah mengecek VAR. Serge Gnabry diketahui sudah terjebak offside sebelum kemelut terjadi. Jerman sempat protes keputusan wasit tapi sudah tak bisa diubah lagi.

Jerman mencoba bayar kecewa dengan permainan apik Tim Kleindienst di menit ke-9. Berhasil lepas tembakan kaki kiri tapi masih bisa diamankan kiper Belanda.

Jerman sangat mendominasi permainan dengan penguasaan bola lebih 60 persen dan lepas 4 tembakan. Toh, skor belum berubah 0-0 hingga menit ke-23 meski beberapa peluang emas dari Jerman tercipta.

Jerman mendapatkan peluang emas lagi di menit ke-28 lewat Florian Wirtz. Sudah tak terjaga di kotak penalti, tendangan menyusur tanahnya masih mengenai kaki Stevan de Vrij sehingga hanya menghasilkan tendangan sudut.

Belanda seperti kesulitan untuk masuk ke sepertiga pertahanan Jerman. Sampai menit ke-40, Timnas Pusat tak bisa melepas satu tembakanpun. Untung saja pertahanan Die Oranje cukup kuat.

Padahal, Jerman banyak merotasi pemainnya di tengah absennya Marc Andre Ter Stegen dan Jamal Musiala. Hingga babak pertama berakhir, skor 0-0 antara Jerman vs Belanda tetap bertahan.

 

2 dari 3 halaman

Babak Dua Jerman vs Belanda

Belanda belum juga bisa memperbaiki serangannya di babak kedua. Jerman menambah lagi jumlah tembakan lewat Serge Gnabry di menit ke-53 tapi masih bisa diamankan.

Belanda mendapatkan peluang pertama lewat Denzel Dumfries di menit ke-57. Hanya saja sundulan bek Inter Milan ini masih melambung di atas gawang.

Jamie Leweling akhirnya benar-benar cetak gol di menit ke-64. Manfaatkan bola kemelut depan gawang Belanda usai tendangan sudut, dia langsung melepas tembakan keras yang membuat Verbruggen tak berdaya.

Tak kunjung mencetak gol, Ronald Koeman akhirnya memasukkan Joshua Zirkzee untuk gantikan Brian Brobbey di lini depan pada menit ke-75. Toh Xavi Simons yang paling rajin bongkar pertahanan Jerman bahkan sempat lepas satu tembakan yang melambung di menit ke-77.

Mittelstadt nyaris menambah gol saat sontekannya di menit ke-83 mengenai de Vrij. Tapi bola melenceng dari gawang sehingga hanya menghasilkan corner.

Donyell Malen membuat peluang super emas di menit ke-90. Tendangan kerasnya nyaris samakan skor tapi kiper Jerman Oliver Baumann berhasil menepisnya.

Hingga pertandingan berakhir, skor 1-0 untuk Jerman tetap tak berubah. Ini artinya Der Panzer belum terkalahkan di empat pertandingan.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

 

Jerman (4-2-3-1): 1 Baumann; 6 Kimmich, 2 Rudiger, 15 Schlotterbeck, 18 Mitelstadt; 19 Stiller, 16 Pavlovic; 20 Serge Gnabry, 17 Wirtz, 7 Leweling; 9 Kleindienst

Belanda (4-2-3-1); 1 Verbruggen; 22 Denzel Dumfries, 6 De Vrij, 5 Van de Ven, 3 Hato; 8 Gravenberch, 16 Timber; 7 Xavi Simons, 14 Reijnders, 11 Cody Gakpo; 9 Brian Brobbey

Â