Sukses

Gerak Cepat, FA Inggris Sudah Hubungi Pep Guardiola untuk Jadi Pengganti Gareth Southgate

Asosiasi sepak bola Inggris (FA) kabarnya sudah mengontak Pep Guardiola terkait prospek menjadi pelatih tetap baru Timnas Inggris, menggantikan Gareth Southgate yang cabut usai kalah di final Euro 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi sepak bola Inggris alias FA Inggris dikabarkan sudah menghubungi manajer Manchester City Pep Guardiola terkait prospek menggantikan Gareth Southgate di The Three Lions.

Laporan SportsMole mengungkap pelatih berusia 53 tahun ini diharapkan bisa mengambil alih jabatan tersebut tahun depan. Kebetulan, Guardiola bakal segera kehabisan kontrak di Manchester City pada 2025.

Timnas Inggris saat ini masih berada di bawah asuhan Lee Carsley yang didapuk sebagai caretaker setelah Gareth Southagte cabut dari posisinya, dengan dia diperkirakan tak bakal diberi jabatan manajer tetap di The Three Lions.

Menurut The Times, Guardiola saat ini menyandang status sebagai pilihan utama FA jika ingin merekrut pengganti permanen Gareth Southgate. Reputasinya juga menjanjikan mengingat dia tak pernah absen bersinar saat melatih Barcelona, Bayern Munchen, hingga Manchester City,

Sayangnya meski sudah dihubungi, Pep Guardiola sampai sekarang tak kunjung memberi respons kepada FA Inggris. Hal itu lantaran juru taktik The Citizens masih belum membuat keputusan akhir soal masa depannya.

2 dari 3 halaman

Pep Guardiola Segera Beri Kepastian

Merujuk pada pemberitaan SportsMole, kepastian soal kelanjutan karier Pep Guardiola mungkin baru akan diberikan dalam beberapa minggu ke depan.

Kalau memutuskan pergi, dia ingin memberi tahu para petinggi Etihad sesegera mungkin sebab Guardiola masih menghormati klub dan tak ingin membuat bos-bos Citu pontang-panting mencari suksesor.

Beberapa pihak di Manchester City sendiri memang meyakini sang pelatih sudah mendekati pengujung kebersamaannya dengan The Citizens, sejak pertama kali tiba di Etihad pada 2016 silam.

Walau begitu, para petinggi klub diyakini tetap ingin menyodorkan kontrak baru bagi Guardiola hingga akhir musim 2025/2026, yang bakal sekaligus menandai satu dekade kariernya dengan City.

3 dari 3 halaman

Guardiola Diklaim Ingin Latih Timnas Lain

Sementara itu, laporan berbeda dari Daily Star mengungkap Pep Guardiola memang punya ambisi melatih tim nasional suatu hari ini. Namun alih-alih Inggris, pria kelahiran 1971 disebut-sebut lebih ingin menukangi Brasil.

Di sisi lain, sang juru taktik belum lama ini juga sempat buka suara menanggapi kabar yang mengaitkan dia dengan The Thre Lions. Guardiola menegaskan diriya memang belum ambil keputusan soal masa depan di Manchester City.

"Tidak benar kalau saya akan menjadi pelatih Inggris. Saya belum buat keputusan apa pun. Ketika saya sudah memutuskan masa depan di Manchester City, saya akan katakan demikian. (Namun) apa pun bisa terjadi dalam hidup," ujarnya belum lama ini.